Senegal Melenggang ke Piala Dunia untuk Kedua Kalinya

id Piala Dunia

Piala Dunia Rusia. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Polokwane, (Antara Sumbar) - Sadio Mane memainkan peran memimpin untuk membawa Senegal lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia ketika mereka mengalahkan tuan rumah Afrika Selatan (Afsel) 2-0 pada Jumat (10/11).

Dengan koleksi 11 poin, Senegal mengantongi keunggulan yang tidak mungkin dikejar lagi di Grup D kualifikasi zona Afrika.

Pemain sayap itu menjadi aktor di balik gol pembukaan yang dibukukan Diafra Sakho pada menit ke-12. Kemudian tembakannya dapat digagalkan tidak lama sebelum turun minum, yang memantul mengenai bek tuan rumah Thmasanga Mkhize untuk menjadi gol bunuh diri.

Kemenangan ini membawa Senegal mengoleksi 11 poin di klasemen, jauh dari jangkauan tim-tim lainnya. Mereka memastikan penampilan kedua di Piala Dunia setelah mereka mencapai perempat final di Jepang dan Korea Selatan pada 2002.

Pertandingan Jumat itu merupakan laga ulangan setelah Afsel mengalahkan Senegal dengan skor 2-1 di tempat yang sama setahun silam, namun FA mendapati bahwa hasil itu dimanipulasi wasit asal Ghana Joseph Lamptey, yang sejak itu dijatuhi hukuman seumur hidup. (*)


Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar