Ini Dia, Ketua Umum Gebu Minang Pimpin Tabur Bunga di Laut

id Oesman Sapta Odang

Ini Dia, Ketua Umum Gebu Minang Pimpin Tabur Bunga di Laut

Oesman Sapta Odang. (ANTARA FOTO)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang juga Ketua Gebu Minang, Oesman Sapta Odang memimpin upacara tabur bunga di perairan Teluk Jakarta, Jumat (10/11) dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2017.

Upacara tabur bunga dilaksanakan dari geladak KRI dr Soeharso 990 yang berlabuh di dermaga JITC Tanjung Priok Jakarta dengan komandan upacara Letkol infantri Triono yang sehari-hari sebagai Komandan Yonif Mekanis 203.

Pada pukul 07.00 WIB, kapal rumah sakit milik TNI Angkatan Laut tersebut berlayar menuju perairan Teluk Jakarta tempat tabur bunga dilakukan.

Sebelum upacara tabur bunga dilaksanakan diawali dengan mengheningkan cipta ditandai dengan pembunyian sirene oleh kapal-kapal yang ada di sekitar KRI Soeharso pada pukul 08.15 WIB.

Usai mengheningkan cipta, Oesman Sapta selaku inspektur upacara melarungkan karangan bunga ke laut.

Sejumlah pelajar, veteran, TNI, Polri, pejabat tinggi negara dan berbagai lembaga serta unsur masyarakat lainnya ikut dalam upacara tersebut.

Hadir dalam upacara tabur bunga tersebut Sekjen Kementerian Sosial Harry Soeratin serta Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Hartono Laras.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa dan perjuangan para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara diakhiri dengan tabur bunga oleh inspektur dan para peserta upacara.

Selain tabur bunga di laut, puncak peringatan Hari Pahlawan juga dilaksanakan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Selain itu, diselenggarakan ramah tamah dengan warakawuri/keluarga pahlawan nasional, perintis kemerdekaan dan janda perintis kemerdekaan. (*)