UPZ Semen Padang Salurkan Bantuan Untuk Rohingya Sebesar Rp100 Juta

id Bantuan Rohingya

UPZ Semen Padang Salurkan Bantuan Untuk Rohingya Sebesar Rp100 Juta

Unit Pelaksana Zakat PT Semen Padang menyerahkan bantuan untuk muslim Rohignya lewat Pemprov Sumbar yang diterima Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Bantuan kemanusian Rohingya akan disalukan lewat ACT dalam rangka meringankan beban pengungsi yang ada. Antara Sumbar/istimewa.

Padang, (Antara Sumbar)- Unit Pengumpul Zakat Badan Amil Zakat Nasional (UPZ-Baznas) PT Semen Padang menyalurkan bantuan untuk Muslim Rohingya sebesar Rp100 juta lewat Pemerintah Provinsi Sumbar.

"Kami berharap bantuan yang disalurkan melalui Pemprov Sumbar dapat meringankan beban Muslim Rohingya di lokasi pengungsian," kata Ketua Pengurus UPZ Baznas Semen Padang, Oktoweri di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu usai penyerahan bantuan oleh Direktur Komersial PT Semen Padang Pudjo Suseno yang diterima Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.

Menurutnya UPZ Baznas Semen Padang sudah dua kali menyalurkan bantuan untuk Muslim Rohingya yaitu sebelumnya melalui Pemkot Padang dan saat ini melalui Pemprov Sumbar.

Sementara Ketua Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif mengatakan bantuan uang tunai untuk Muslim Rohinya ini merupakan bagian dari program peduli kemanusian yang ada di UPZ Baznas Semen Padang.

"Bantuan ini diserahkan, karena kami ikut prihatin apa yang terjadi pada Muslim Rohingya dan saat ini mereka termarjinalkan di Myanmar," katanya.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan bantuan dari UPZ Baznas Semen Padang ini akan disalurkan secara kolektif melalui lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT)

"ACT dipilih karena lembaga itu merupakan salah satu lembaga kemanusian yang ikut mengurus kebutuhan Muslim Rohingya di tempat pengungsian di Banglades," ujarnya.

Ia menyampaikan Pemprov Sumbar bekerja sama dengan ACT dan saat ini dana yang telah masuk ke rekening Pemprov untuk Muslim Rohingya mencapai Rp1 miliar lebih.

Jumlah ini akan terus bertambah, karena kami masih terus melakukan penggalangan dana ," kata Nasrul.

Mantan Bupati Kabupaten Pesisir Selatan dua periode itu mengimbau agar perusahaan maupun lembaga sosial yang ada di Sumbar menyatukan bantuan kepada Muslim Rohingya yang terpinggirkan di Myanmar, karena penderitaan Muslim Rohingya tersebut juga penderitaan umat muslim di Sumbar.

Sebelumnya Ketua Baznas Kota Padang, Episanto menyebut ada sekitar 300 ribu Muslim Rohingya yang mengungsi di Banglades, dan mereka harus ditangani kebutuhannya setiap hari oleh beberapa lembaga kemanusiaan.

"Secara kemanusiaan mereka sudah nyaman, karena mereka ditampung di tiga titik pengungsian, dan mereka ditangani beberapa LSM kemanusiaan internasional. Dari Indonesia, ada ACT, PKPU dan Rumah Zakat. Khusus Baznas Kota Padang, itu bekerja sama dengan ACT," katanya. (*)