Pemkot Bersama Polres Kerja Sama Pembinaan Anggota Polri

id pembinaan polri

Pemkot Bersama Polres Kerja Sama Pembinaan Anggota Polri

Ilustrasi, polisi. (Antara)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) membuat nota kesepahaman dengan kepolisian setempat tentang pembinaan dan pelatihan calon peserta seleksi penerimaan anggota bagi putra dan putri di daerah itu.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Kapolres Payakumbuh AKBP Kuswoto dengan Wali Kota Payakumbuh di balai kota setempat, Kamis

Penjalinan MoU itu disaksikan oleh Asisten I Yoherman, S.Sos, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Efriza Zaharman, Kadis Pendidikan Agustion dan beberapa staf di lingkungan pemerintah setempat.

Wako Riza menyambut baik atas kesepahaman ini, dan para putra putri yang ingin bergabung dengan institusi dapat memanfaatkannya

"Mari kita manfaatkan peluang ini, sebab akan memberikan peluang lebih besar bagi putra dan putri Payakumbuh yang ingin berkiprah sebagai anggota Polri," kata dia.

Menurutnya kesepahaman tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan calon-calon peserta seleksi penerimaan calon anggota Polri dari daerah agar berkualitas baik, mulai dari sisi aspek administrasi, psikologi, akademik, kesehatan, sampai dengan jasmani

Prinsipnya penerimaannya berdasarkan prestasi atau talent scouting yang nantinya apabila sudah selesai melaksanakan pendidikan akan ditempatkan di daerah asal masing-masing sesuai dengan prinsip "Local Boy For Local Job".

Selanjutnya, terkait pelaksanaan pembinaan dan pelatihan calon peserta seleksi anggota Polri akan ditindaklanjuti oleh Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Payakumbuh dengan bekerjasama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Sehingga dengan lahirnya nota kesepahaman ini memberikan peluang bagi para pelajar di Kota Batiah yang ingin menjadi calon anggota Polri akan terlebih dahulu mendapatkan pelatihan dan pembinaan sebelum mengikuti seleksi. (*)