Kota Solok Bakal Miliki Laboratorium Inovasi, Seperti Apa Sih?

id pra-peluncuran laboratorium inovasi

Kota Solok Bakal Miliki Laboratorium Inovasi, Seperti Apa Sih?

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pemerintahan Kota Solok, Jefrizal memberikan paparan mengenai pengembangan inovasi di Kota tersebut. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat Zul Elfian mengharapkan pra-peluncuran laboratorium inovasi kota tersebut dapat mewujudkan inovasi yang semakin maju.

Wali Kota Solok, Zul Elfian diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pemerintahan Jefrizal di Solok, Rabu (8/11) mengatakan laboratorium inovasi merupakan salah satu ide dari 177 ide inovasi lainnya yang berhasil dikumpulkan untuk Kota Solok.

"Insyaallah pengembangan laboratorium inovasi akan diluncurkan pada 13 November 2017 mendatang," ujarnya pada monitoring pra-peluncuran inovasi Kota Solok yang dihadiri Tim pusat inovasi tata pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI di Balitbang Kota Solok.

Ia mengatakan inovasi daerah sangat penting karena berperan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat nantinya, meningkatkan daya saing daerah dengan daerah lainnya.

Selain itu, pemerintah memang bertanggung jawab atas perbaikan kualitas hidup masyarakat dengan berbagai inovasi yang harusnya akan menyentuh dan membantu kepentingan masyarakat.

Sebelumnya setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah diminta untuk memberikan berbagai ide inovasi untuk pembangunan, dan terkumpul 177 ide yang melebihi target. Kemudian dari 177 ide tersebut disaring dan dipilih beberapa ide prioritas.

Diharapkan ide inovasi yang diprioritaskan ini agar di kelola dengan serius sehingga menghasilkan dan mewujudkan inovasi Kota semakin baik.

"Kita harus berkomitmen agar dapat membangun Kota Solok semakin maju dengan kemampuan dari bidang masing-masing," ujarnya.

Pada peluncuran nantinya, akan ada penandatangan kontrak kerja antara wali kota, OPD dan LAN RI.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok, Raflis mengatakan OPD sekota Solok telah mengumpulkan sebanyak 177 ide inovasi yang jauh diluar perkiraan.

"Dari berbagai ide, salah satunya pengembangan laboratorium inovasi yang akan menjadi rencana aksi OPD dalam menyukseskan program pemerintah," ujarnya.

Sebelumnya Kota Solok juga pernah mendapatkan penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif atau IGA (Innovative Goverment Award) Negara pada 7 Agustus 2017 yang menjadi motivasi dalam mengembangkan inovasi. (*)