Padang Upayakan Revitalisasi Pasar Satelit

id Pasar Raya

Padang Upayakan Revitalisasi Pasar Satelit

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, terus mengupayakan revitalisasi dan renovasi bangunan pasar satelit di sebelas kecamatan daerah tersebut.

"Pasar satelit cukup penting menopang perekonomian dan kebutuhan masyarakat, tentu perlu diberi kenyamanan dan kemudahan untuk memanfaatkannya," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Padang, Rabu (8/11).

Menurutnya selain di pasar pusat atau Pasar Raya, banyak warga melakukan transaksi kebutuhan di pasar pembantu atau satelit.

Tujuan utama revitalisasi ini adalah mengubah tradisi pasar tradisional yang semrawut dan kotor menjadi tertib dan bersih.

Saat ini pihaknya telah mengoptimalkan revitalisasi di Pasar Banda Buek, Lubuk Buaya, dan Siteba, sedangkan Pasar Belimbing yang letaknya di tengah perumahan sedang dibangun.

Khusus Pasar Belimbing ini Pemkot menyiapkan empat blok bangunan untuk menampung 300 lebih pedagang.

Selama ini kesan pasar tersebut cenderung semrawut, kotor, becek dan tidak representatif.

Setelah ini akan ada revitalisasi pasar satelit lain serta revitalisasi lanjutan dari Pasar Raya usai merampungkan pasar inpres.

Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal menambahkan khusus untuk Pasar Belimbing telah rampung bangunan blok pertama atau A yang dapat menampung 94 pedagang.

Akhir tahun ini, semua pedagang dapat menempati kios pada Blok A pasar tersebut.

Kemudian dua blok lagi segera dikerjakan termasuk penataan drainase di sekitar pasar yang tidak representatif.

Di samping itu bersama Dinas Perhubungan, pihaknya akan menata lalu lintas di sekitar mengingat rawan kemacetan.

Mungkin pedagang yang berjualan di depan pasar akan dipindahkan ke blok yang tersedia sehingga kemacetan yang terjadi akibat pedagang, dan lalu lalang kendaraan umum serta parkir dapat diatasi.

"Bila memungkinkan akan diupayakan dua jalur, bergantung pada kondisi dan situasi," katanya.

Sementara itu salah satu warga yang tinggal di sekitar Pasar Belimbing Giska mengapresiasi upaya pemerintah merevitalisasi pasar tersebut.

Hal ini menjadi sebuah kemajuan bagi daerah Belimbing yang cukup padat penduduk namun tidak memiliki tempat jual beli representatif.

Setidaknya seperti Banda Buek, Pasar Belimbing akan memberikan kenyamanan untuk warga berjualan dan belanja, katanya. (*)