Mabigus: Gerakan Pramuka Dukung Pengembangan Karakter

id pramuka

Pramuka (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Mabigus (majelis pembimbing gerakan pramuka) Harian Universitas Andalas (Unand), Hermansyah mengatakan gerakan pramuka dapat mendukung pengembangan karakter seseorang ke arah yang lebih positif.

"Karena dalam gerakan pramuka yang terselenggarakan pada Festival Swarnadwipa (Fiesta) 2017 di Unand ini dapat mendidik anak muda menjadi generasi milenial sehingga menciptakan pemimpin terbaik buat bangsanya, hal ini juga sejalan dengan tujuan universitas," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan semua kegiatan yang diadakan oleh gerakan pramuka ini memiliki unsur kepemimpinan, kerja sama, keterampilan, kompetisi dan kepedulian baik pada sang pencipta, pada sesama maupun pada alam dan lingkungan.

Karena itu menurutnya, pelaksanaan Fiesta 2017 tingkat Sumatera di Unand dari 6 - 11 November 2017 itu, adalah wadah positif untuk pengembangan karekter yang diharapkan.

"Kegiatan ini merupakan ajang eksistensi gerakan pramuka yang dapat menunjukan jati diri, karakter dan profesionalitas sebagai bagian dari pramuka Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan, kegiatan kepramukaan juga berdampak positif menanamkan nilai-nilai penting dalam kehidupan keseharian.

"Seorang pramuka harus menunjukkan kewajiban terhadap Tuhan, mengamalkan Pancasila, membangun masyarakat serta peningkatan mental intelektual seperti tercantum dalam trisatya dan dasa dharma," ujarnya.

Ia mengharapkan, seluruh peserta utusan dari masing-masing provinsinya ini dapat menjadi teladan pada pertemuan pramuka itu.

"Jagalah sikap, tindakan dan perilaku dalam bersosialisasi dengan peserta dan lingkungan sekitar. Perkenalkanlah budaya, keindahan panorama alam serta keramahtamahan masyarakat selama pelaksanaan," imbuhnya

Sementara itu, Ketua Sangga Kerja Fiesta XXXI Gudep Padang Unand, Fauzi Gunawan mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan Fiesta ini berasal dari empat provinisi yakni, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat.

Sedangkan untuk jumlah peserta sebanyak 732 orang, 38 kotingen, dan 121 orang sebagai pembina.

"Dalam even ini kami akan mengadakan 13 macam kegiatan diantaranya, lima lomba kepramukaan, tiga lomba non kepramukaan dan lima giat edukasi," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar