Sumbar-Lantamal Kerja Sama Pengawasan Bidang Kelautan

id Lantamal Padang

Sumbar-Lantamal Kerja Sama Pengawasan Bidang Kelautan

Kedua kapal yang ditangkap oleh Pangkalan Utama TNI AL Padang, pada Sabtu (14/1). Kedua kapal tersebut saat ini diamankan di Dermaga Bungus. (ANTARA SUMBAR/Dokumen Lantamal Padang)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), menjalin kerja sama dengan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan.

Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, di Padang, Selasa (6/11) menyebutkan kerja sama ini adalah wujud komitmen lantamal dalam mendukung dan menyukseskan program pemerintah daerah.

Kerja sama tersebut dilakukan dengan penandatanganan nota kesepahaman dimana Pemprov Sumbar diwakili Kepala Dinas Kelautan dan

Perikanan daerah itu Yosmeri, Senin (6/11).

Ia memaparkan pengawasan terhadap pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan itu akan dilakukan dengan bentuk operasi laut bersama.

Pengawasan meliputi Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Agam, Pasaman Barat, Kota Padang, dan Pariaman.

Selain itu, lanjutnya, juga dilakukan kegiatan pelestarian sumber daya kelautan dalam bentuk transplantasi terumbu karang, penanaman hutan bakau, penanaman vegatasi pantai, dan lainnya.

"Sekaligus untuk merutinkan kegiatan pemberdayaan terhadap masyarakat di wilayah pesisir, khususnya yang beraktifitas pada bidang kelautan," katanya.

Ia berharap kerja sama itu dapat mendukung pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan (sustainable), sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat daerah setempat.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di Markas Komanda Lantamal II Padang, pada Senin. Dihadiri oleh para Asisten Komandan

Lantamal II, Kasatker, dan lainnya.

Berkaitan dengan fungsi pengawasan, Lantamal Padang juga telah melantik 33 perwira sebagai penyidik pidana tertentu di laut pada Senin (6/11). (*)