Tingkatkan Produktivitas Petani, Padangpariaman Dorong Kelompok Tani Unggul Bina Petani

id padi

Tingkatkan Produktivitas Petani, Padangpariaman Dorong Kelompok Tani Unggul Bina Petani

Personil TNI Bantu Petani Tanam Padi di Koto Tangah, Padang.

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat mendorong kelompok tani unggul di daerah itu untuk ikut membina petani lainnya guna meningkatkan produktivitas pertanian.

"Dengan pembinaan tersebut terbentuk petani unggul dan kelompok tani unggul di masing-masing kecamatan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padangpariaman, Yurisman Yakub di Parit Malintang, Selasa (7/11).

Ia mengjelaskan kelompok tani unggul tersebut yang akan membina petani agar menguasai ilmu pertanian sehingga terbentuk kelompok tani unggul baru.

Bila perlu, lanjutnya terbentuk forum yang dapat menampung semua petani agar pembinaan serta penyebaran informasi terkait pertanian menjadi lebih.

Terlebih informasi tersebut tentang penggunaan teknologi pertanian yang digunakan oleh masing-masing petani dan kelompok tani, katanya.

Menurutnya hal tersebut dapat meningkatkan pengetahuan petani dalam teknologi pertanian sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang lainnya.

Ia menyebutkan saat ini daerah itu telah memiliki kelompok tani unggul dan terbentuk forum di bidang tanaman kakao yaitu di Kecamatan Sungai Geringging, sedangkan Enam Lingkung mulai melakukan hal serupa.

Ia mengatakan pihaknya pun terus mendorong kelompok tani di daerah itu untuk kembali aktif dalam merawat tanaman pertanian terutama di bidang kakao karena komoditas tersebut menjadi salah satu produk unggulan daerah itu.

Ia menjelaskan dalam meningkatkan produktivitas tanaman, petani dapat melakukan berbagai hal di antaranya yaitu pemangkasan dahan, sambung samping, dan sambung pucuk.

"Dengan terpeliharanya tanaman tersebut maka dalam waktu enam bulan pohon kakao dapat berbuah kembali," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini di daerah itu telah terbentuk 1.116 kelompok tani dan kelompok wanita tani yang bergerak dalam berbagai bidang pertanian. (*)