Cegah Penyakit Menular, Dinkes Dharmasraya Gencarkan Ketuk Pintu Warga

id #penyakit menular # dharmasraya

Cegah Penyakit Menular, Dinkes Dharmasraya Gencarkan Ketuk Pintu Warga

Tenaga medis Dharmasraya datangi rumah warga guna cek penyakit menular. (cc)

Pulau Punjung (antara sumbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular, melaksanakan kegiatan ketuk pintu dalam rangka penemuan kasus penyakit TB (Tuberkolasi) baru.

Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Rumbai pada Nagari Kurnia Selatan dan Nagari Kurnia Koto Salak, Senin, yang jadi titil fokus.

Strategi dan upaya penemuan kasus TB di Dharmasraya terus dilakukan untuk meningkatkan akses terhadap penderita TB.

Upaya itu, tentu agar dspat Sehingga tertangani serta memutus mata rantai penularan penyakit TB keluarga dan masyarakat.

Gerakan ketuk pintu TB di rumah masyarakat saat ini terus dilaksanakan. Dalam kegiatan hari ini di Nagari Kurnia Selatan dan Kurnia Koto Salak ada 102 rumah yg dikunjungi dengan jumlah suspek yang ditemukan 25 rumah," kata Kadis Kesehatan Rahmadian.

Hal ini ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dahak di puskesmas dan apabila hasil positif kita berikan penanganan yang serius dan diberi obat sampai tuntas.

Ia mengatakan, saat ini kegiatan gerakan ketuk pintu TB di rumah masyarakat terus dilaksanakan di nagari-nagari yang ada di Dharmasraya.

Ia berharap dengan kegiatan rutin ini akan mampu untuk memutus mata rantai penularan penyakiot TB ditengah-tengah masyarakat.

"Kita juga sudah menggerakan puskesmas yang ada di setiap kecamatan, untuk selalu siaga atas persoala penyakit yang ada dan akan terjadi ditengah masyarakat,"ujarnya***.