Dengan Taksi, Menpar Keliling Kota London Promosikan Wonderful Indonesia

id Arief Yahya

Dengan Taksi, Menpar Keliling Kota London Promosikan Wonderful Indonesia

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

London, (Antara Sumbar) - Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan promosi "Wonderful Indonesia," dengan cara bergerilya berkeliling kota London mulai dari Westminster Abbey, Admiralty Arch, Trafalgar Square, Borough Mark dan berakhir di KBRI London dengan menggunakan taxi London "Black Cab", Minggu (5/11).

Mengusung kapal Phinisi dan Uma Mbatangu Indonesia kembali berpartisipasi pada bursa pariwisata internasional terbesar kedua di dunia, WTM London, yang diadakan di ExCel London, Inggris dari tanggal 6 hingga 8 November mendatang.

Menteri mengakui Wonderful Indonesia logo "on black cabs in London to promote Indonesian tourism, its quite unique and smart, especially during the World Travel Market London 2017", ucap Menpar Arief Yahya di Trafalgar Square yang ingin melihat langsung kinerja pemasaran pariwisata di travel mart kedua terbesar di dunia setelah ITB Berlin ini.

Sementara itu Direktur Komunikasi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata, Noviendi Makalam kepada Antara, Minggu, menyebutkan setidaknya 180 taksi yang menjadi ikon dan populer di London, Inggris mempromosikan objek wisata di Indonesia.

Kalau di London ada branding Wonderful Indonesia pada 180

"black cabs" yang iconic dengan memanfaatkan momentum WTM London, di Indonesia juga sedang ada momentum Royal Wedding. Di Solo, pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahyang yang kental akan akar budaya dengan enam prosesi ini secara tidak langsung akan disorot oleh media massa dalam dan luar negeri.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana, Kemenpar dengan branding Pesona Indonesia-nya juga "mejeng" di 200 becak pengantar tamu dari parkir Lapangan Sumber dan Lapangan Banyuanyar, Solo.

Menpar menilai, memanfaatkan momentum untuk mendapatkan impression yang tinggi adalah potensi untuk menaikkan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia sekaligus.

Di London sebanyak 180 unit London Cab di-branding Wonderful Indonesia sejak tanggal 16 Oktober hingga 12 November mendatang. Mobil yang disebut hackney carriage atau black cab itu dibungkus dengan desain destinasi wisata andalan tanah air seperti Candi Borobudur, Bali, Komodo, Danau Toba, serta Raja Ampat, juga image Indonesia dalam bentuk Billboard di beberapa spot strategis kota London seperti Victoria Station dan Borough Market.

Selain itu di TV channels Sky News, Sky Sports, dan Sky Arts ditayangkan iklan Wonderful Indonesia sebanyak 420 spot sejak 5 November .

Diharapkan dengan adanya branding Wonderful Indonesia di dalam berbagai format di London seperti ini dapat meningkatkan citra destinasi Indonesia di benak masyarakat Inggris yang pada akhirnya dapat menarik minat mereka untuk berkunjung ke Indonesia, demikian Noviendi Makalam. (*)