Seorang Lelaki Melepaskan Tembakan di Gereja Texas, 26 Orang Tewas

id Penembakan

Seorang Lelaki Melepaskan Tembakan di Gereja Texas, 26 Orang Tewas

Ilustrasi - Penembakan.

Houston, (Antara Sumbar) - Serang lelaki melepaskan tembakan hingga menewaskan 26 orang selama missa di Sutherland Springs, Texas.

Gubernur Greg Abbott pada Ahad (5/11) mengatakan penembakan itu adalah yang paling mematikan dalam sejarah negara bagian tersebut.

Beberapa pejabat mengatakan korban berusia antara lima dan 72 tahun.

Jaksa Agung Texas Ken Paxton kepada media setempat mengatakan seorang lelaki berjalan memasuki gereja tersebut sekitar pukul 11.30 Ahad dan melepaskan tembakan ke arah kerumunan orang.

Penembak itu diidentifikasi sebagai Devin Kelly (26), demikian laporan Xinhua.

Pelaku memiliki senapan serang, memakai rompi anti-peluru, kata media setempat.

Menurut Komisaris Wilson County Larry Wiley, lelaki bersenjata tersebut tewas sekitar sembilan kilometer dari lokasi penembakan di Guadalupe County setelah dipojokkan oleh polisi.

Sedikitnya delapan orang yang cedera kini dirawat di University Hospital di San Antonio, kata wanita Juru Bicara Leni Kirkman. Ia menambahkan rumah sakit itu mungkin menerima pasien lagi.

Wilson County News sebelumnya, dengan mengutip Sheriff Joe Tackitt, melaporan telah jatuh "banyak korban jiwa dan cedera".

Gubenur Abbott mengeluarkan pernyataan mengenai penembakan tersebut. "Meskipun perincian mengenai perbuatan yang mengerikan ini masih diselidiki, Cecilia dan saya ingin menyampaikan doa tulus kami buat semua orang yang telah menjadi korban perbuatan jahat ini. Saya ingin berterima kasih kepada penegak hukum atas reaksi mereka dan meminta semua warga Texas berdoa buat masyarakat Sutherland Springs selama masa bersedih dan kehilangan ini."

Penembakan tersebut terjadi sekitar 35 kilometer di sebelah tenggara San Antonio.

Presiden AS Donald Trump mengatakan di akun Twitter, "Semoga Tuhan bersama warga Sutherland Springs, Texas. FBI & penegak hukum berada di lokasi. Saya memantau situasi dari Jepang."

Sutherland Springs adalah permukiman yang terletak di Manuel Tarin di bagian utara Wilson County. Menurut Handbook of Texs, penduduk wilayah itu berjumlah 362 pada 2000. (*)