Ganda Putra Muda Fajar/Rian Lolos ke Final Bitburger Terbuka 2017

id bulutangkis

Ganda Putra Muda Fajar/Rian Lolos ke Final Bitburger Terbuka 2017

Ilustrasi. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Indonesia sukses mengirimkan satu wakilnya ke putaran final turnamen bulu tangkis Bitburger Terbuka 2017 melalui pasangan ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Minggu, mencatat Fajar/Rian memastikan partai puncak turnamen berlevel Grand Prix Gold tersebut usai mengentikan pasangan Denmark Mathias Christiansen/David Daugaard dalam waktu 63 menit dengan skor 15-21, 21-16 22-20.

"Lawan main hari ini sangat bagus, powernya kuat, kami bersyukur bisa masuk final, semoga bisa juara," ujar Fajar dalam keterangannya.

Dalam laga yang dilangsungkan di Saarlandhalle Saarbrucken, Jerman Sabtu (4/11) petang waktu setempat, pasangan Indonesia terus tertinggal dari awal gim pertama dengan 0-4 hingga gim pembuka itu berakhir dengan 15-21.

"Kami tadi kalah start, karena mereka langsung servis tinggi. Terus beberapa kali kami belum antisipasi, jadi mereka langsung in," kata Rian.

Masuk ke gim dua, Fajar/Rian mencoba membalas kekalahannya tersebut. Mereka terus melaju dan terus membuat jarak dari lawan dengan 6-4, 16-9 hingga berhasil memaksakan dimainkannya gim ketiga.

"Di gim kedua kami lebih enjoy. Kami tidak mikirin kekalahan di game pertama. Kuncinya sih yakin saja. Kami lebih mengantisipasi servis tingginya. Sama kami berani adu depannya. Bola atas juga tidak langsung kami full serang, lebih divariasikan," ujar Rian.

Pada gim penentu, Fajar/Rian akhirnya berhasil mendominasi jalannya pertandingan. Meski tak jarang Christiansen/Daugaard mencoba mendekat dan menyamakan kedudukan.

Setelah unggul 17-12, Fajar/Rian bahkan sempat tersusul menjadi 19-19 dan 20-20. Beruntung pada dua poin terakhir, mereka bisa merebutnya dari lawan.

"Kami terlalu terburu-buru ingin cepat selesai. Makanya malah jadi bumerang sendiri buat kami," kata Fajar.

Di partai final, Fajar/Rian akan menghadapi unggulan dua asal Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang menumbangkan pasangan Thailand unggulan tiga Bodin Isara/Nipitphon Phuangphuapet 21-19, 21-10.

"Main di sini sudah harus siap capek karena bolanya berat. Sama jaga fokusnya saja. Ini tinggal selangkah lagi, harus bisa kami maksimalkan," ujar Rian.

Sayangnya, hasil gemilang Fajar/Rian tak berhasil diperoleh pasangan ganda campuran Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja. Hafiz/Gloria harus puas terhenti sebagai semifinalis usai kalah dari He Jiting/Du Yue (China) dua gim langsung dengan skor 18-21, 15-21. (*)