Ribuan Masyarakat Ikuti Pawai Taaruf MTQ Provinsi

id Pawai Taaruf

Ribuan Masyarakat Ikuti Pawai Taaruf MTQ Provinsi

Penampilan peserta MTQ ke-37 tingkat Provinsi dari Kabupaten Dharmasraya saat pawai Taaruf. ( Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Ribuan masyarakat dan peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 dari berbagai daerah mengikuti pawai Taaruf di Kota Pariaman Sumatera Barat.

"Pawai Taaruf ditujukan agar seluruh peserta dan kafilah dari berbagai daerah ikut serta menyemarakkan penyelenggaraan MTQ ke-37 tingkat provinsi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman, Yalvi Endri, di Pariaman, Sabtu.

Pawai Taaruf tersebut dimulai dari Halaman Balaikota Pariaman menuju Simpang Tugu Tabuik dan berakhir di Lapangan Merdeka Kecamatan Pariaman Tengah.

Pada kegiatan pawai Taaruf tersebut, para peserta MTQ ke-37 juga menampilkan aneka ragam kesenian budaya masing-masing daerah.

Sebagai contoh ujarnya, Kabupaten Agam menampilkan kesenian Gandang Tassa namun dengan musik khas tersendiri. Kemudian perwakilan Kabupaten Mentawai juga menampilkan pakaian tradisional namun bernuansa islami.

"Untuk Kota Pariaman panitia menampilkan drum band untuk menyemarakkan dan menyemagati para peserta MTQ ke-37," ujarnya.

Ia menjelaskan pawai Taaruf tersebut ditujukan sebagai ajang silaturahmi dan mempererat hubungan sesama umat muslim sebelum perlombaan MTQ ke-37.

Para peserta MTQ dari berbagai daerah juga diajak untuk menyampaikan dan menyuarakan ke masyarakat agar menjadi generasi yang mencintai Al Quran sebagai pedoman hidup manusia.

Penyelenggaraan MTQ ke-37 pemerintah daerah berupaya memperbaiki posisi dari sebelumnya dan menargetkan masuk peringkat lima besar.

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman juga menargetkan sebanyak 20 ribu pengunjung atau wisatawan ke daerah itu selama penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat provinsi.

"Penyelenggaraan MTQ ke-37 mimbar utama dipusatkan di Pantai Kata Kecamatan Pariaman Selatan yang merupakan salah satu objek wisata andalan Pariaman," kata dia.

Ia mengatakan target kunjungan tersebut dikarenakan penyelenggaraan kegiatan MTQ ke-37 selaras dengan konsep wisata islami. Khusus para kafilah dari 18 kota dan kabupaten yang akan bertarung pada kegiatan itu berjumlah 1.001. (*)