Belum Maksimal, Timnas U-19 Indonesia Dilibas Korea Selatan

id Timnas U-19

Belum Maksimal, Timnas U-19 Indonesia Dilibas Korea Selatan

Timnas Indonesia U-19 melakukan sesi foto sebelum melawan Timnas Kamboja U-19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/10). ( ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc/17.)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Tim nasional U-19 Indonesia ditekuk Korea Selatan dengan skor 0-4 dalam pertandingan ketiganya di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018, Korea Selatan, Sabtu.

Dipantau dari laman Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Sabtu, gol-gol dari Korea Selatan dicetak oleh Um Wonsang (9', 61'), Oh Sehun (58') dan Lee Jaeik (77').

Dalam laga tersebut, pelatih tim nasional U-19 Indonesia Indra Sjafri menurunkan para pemain terbaiknya di "starting eleven", seperti Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara, Saddil Ramdani, Rifad Marasabessy dan Rachmat Irianto.

Namun, sejak wasit asal Vietnam Vo Minh Tri meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan, Indonesia tampil tertekan oleh permainan rapat Korea Selatan.

Akibatnya, Egy Maulana dan rekan tidak bisa mengembangkan potensi terbaiknya. Korea Selatan pun bisa membuat gol cepat di menit ke-9 melalui Um Wonsang. Skor 1-0 bertahan hingga paruh pertama pertandingan usai.

Di babak kedua, tim Garuda Nusantara juga terlihat kesulitan lepas dari taktik menekan yang diperagakan skuat Korea Selatan.

Setelah beberapa kali dipaksa berjibaku di sektor pertahanan, Indonesia akhirnya kebobolan untuk kedua kalinya di menit ke-58, kali ini hasil sundulan Oh Sehun.

Kesalahan pemain bertahan Indonesia di menit ke-61 membuat Um Wonsang leluasa melesakkan bola ke gawang Aqil Savik dan menjadikan skor bertambah untuk Korsel 3-0. Pertandingan pun berakhir dengan skor 4-0 setelah gol pamungkas Korea Selatan di menit ke-77 yang dicetak Lee Jaeik tak mampu dibalas dengan gol oleh pemain-pemain Indonesia.

Hasil ini membuat Indonesia untuk sementara berada di peringkat kedua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 dengan enam poin, di bawah pemuncak grup Korea Selatan.

Dari tiga laga, Indonesia berhasil menang dua kali, sekali kalah, membuat 10 gol dan kebobolan empat gol.

Korea Selatan sendiri baru menjalani dua laga dan sukses memenangkan seluruhnya dengan membuat 15 gol dan belum kebobolan.

Berikutnya, di pertandingan ketiga sekaligus terakhirnya, timnas U-19 Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia di Stadion Paju, Korea Selatan, Senin (6/11), mulai pukul 10.00 WIB.

Sebagai informasi, apapun hasil di kualifikasi tidak akan mempengaruhi kesempatan Indonesia berlaga di putaran final Piala Asia U-19 2018 karena Indonesia akan tampil sebagai tuan rumah kejuaraan tersebut. (*)