Semen Padang-Pelindo Kerja Sama Pelayanan Bongkar Muat

id semen padang

Semen Padang-Pelindo Kerja Sama Pelayanan Bongkar Muat

Semen Padang. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Perseroan Terbatas Semen Padang meneken nota kesepahaman dengan PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur Padang untuk pelayanan bongkar muat di dermaga beton umum tambatan khusus semen dan dermaga semen barat dermaga semen timur.

"Kerja sama ini selain bentuk sinergi antar-BUMN juga bertujuan untuk menjamin pelayanan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Teluk Bayur," kata Kepala Departemen Distribusi dan Transportasi PT Semen Padang Sumarsono di Padang, Kamis.

Pada nota kesepahaman dengan General Manager PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur Cheppy Rymetaatmadja tersebut juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wali Kota Padang Mahyeldi, Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Masassya, Direktur Komersial PT Semen Padang Pudjo Suseno, Direktur Produksi PT Semen Padang Firdaus, beserta jajaran staf pimpinan kedua perusahaan.

Menurut dia, perjanjian kerja sama ini nantinya bertujuan memberi prioritas penyandaran kapal-kapal yang membawa atau mengangkut barang-barang berupa bahan baku maupun semen.

Sumarsono mengatakan kerja sama dengan Pelindo II bermanfaat bagi PT Semen Padang, khususnya dalam meningkatkan jumlah pendistribusian semen melalui jalur laut, karena hal ini merupakan investasi yang dilakukan Pelindo pada Dermaga Semen Timur PT Semen Padang di Teluk Bayur.

"Investasi yang dilakukan Pelindo membangun kembali Dermaga Tambatan Khusus Semen (TKS) milik Semen Padang di Teluk Bayur. Jika Dermaga TKS ini selesai, maka fasilitas kami seperti crane yang selama ini hanya beroperasi sebanyak tiga unit, akan bertambah menjadi lima unit, karena dua dari lima 'crane' yang kami punya, saat ini tidak lagi beroperasi," ujarnya.

Ia menyampaikan saat ini, kegiatan Semen Padang di Teluk Bayur untuk pengiriman barang keluar berupa semen curah, semen bag, klinker. dan barang barang masuk berupa batubara, gypsum, copper slag, dan spare part.

Sementara Direktur Utama Pelindo II Elvyn G. Massaya mengatakan nota kesepahaman ini merupakan bentuk tindak lanjut dari kerja sama pemanfaatan lahan Pelabuhan Teluk Bayur dengan PT Semen Padang agar terjamin kelancaran kegiatan dan pengelolaan bongkar muat barang-barang milik PT Semen Padang

Pelindo sebagai BUMN terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi pelaku bisnis dan masyarakat di Indonesia, salah satunya dalam bentuk sinergi BUMN, ujar Elvyn.

Pada kesempatan itu Pelindo II juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama tentang rencana ke pengembangan fasilitas dan kegiatan operasional pelabuhan Teluk Bayur dan Pelabuhan Muara Padang yang ditandatangani Direktur Utama IPC Elvyn G Masassya dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Ruang lingkup kerjasama yang dijalin tentang pengembangan fasilitas dan kegiatan operasional berupa penyediaan sentra informasi, sarana rekreasi, edukasi, dan promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta pengelolaan aset untuk mendukung kelancaran arus barang dari dan menuju Pelabuhan Teluk Bayur dan Pelabuhan Muara Padang.

Kerja sama ini menjadi langkah awal yang baik dalam menjalin hubungan baik antara Pelindo II dan Pemprov Sumatera Barat diharapkan tercipta sinergi usaha kepelabuhanan yang menunjang kelancaran serta meningkatkan produktivitas kegiatan perekonomian di Provinsi Sumatera Barat, ujar Elvyn.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap ke depan, kerja sama ini dapat ditingkatkan dengan melibatkan BUMN lainnya seperti PT Kereta Api Indonesia dan sejumlah BUMD milik Pemko Padang maupun Pemprov Sumbar.

"Kerja sama ini akan saling menguntungkan, karena aset Pemprov Sumbar maupun Pemko Padang bisa dimanfaatkan oleh Pelindo II, sedangkan bagi Pemprov Sumbar dan Pemko Padang juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya. (*)