Presiden Jokowi Berencana Hadiri KTT APEC

id Joko Widodo

Presiden Jokowi Berencana Hadiri KTT APEC

Presiden RI, Joko Widodo. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Presiden RI Joko Widodo berencana menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) yang berlangsung pada 10-11 November 2017 di Vietnam, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis.

"Presiden (Joko Widodo) akan menghadiri KTT APEC di Da Nang, Vietnam. Wakil Menteri Luar Negeri (A.M. Fachir) akan mendampingi Presiden," kata Arrmanatha Nasir.

KTT APEC 2017 menyusung tema "Creating New Dynamism Fostering New Future". Beberapa isu yang akan menjadi fokus pembahasan dalam KTT APEC tahun ini, antara lain perekonomian berkesinambungan, integrasi regional, penguatan daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), perubahan iklim, pertanian.

Direktur Kerja Sama Intra-Kawasan Asia, Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Benyamin Carnadi menyampaikan bahwa dalam pertemuan APEC tahun ini juga akan dibahas mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi pada era digital.

Oleh karena itu, anggota APEC berencana untuk memetakan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menghadapi tantangan era digital.

"Presiden akan datang ke 'Leaders Summit'. Lalu ada sesi untuk upaya mencari pemicu-pemicu baru pertumbuhan ekonomi, khususnya di era digital ini," ujar Benyamin.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi dalam pertemuan KTT APEC akan menyampaikan isu-isu yang menjadi kepentingan Indonesia, yaitu tentang pembangunan desa serta kerja sama maritim dan kelautan. (*)