Personel Marinir Jangan Coreng Kesatuan dengan Terlibat Pelanggaran

id MARINIR

Personel Marinir Jangan Coreng Kesatuan dengan Terlibat Pelanggaran

Komandan Yonmarhanlan II Padang Letkol Marinir Bastian Setya Laksana Putra (kiri), Komandan Pasukan Marinir II Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah (tengah), mantan Komandan Yonmarhanlan II Padang Mayor Marinir Yudha Ismanto (kanan), foto bersama usai upacara serah terima jabatan, Kamis (2/11). (ANTARA SUMBAR/Fathul Abdi)

Padang, (Antara Sumbar) - Komandan Pasukan Marinir II Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, menegaskan agar jajaran marinir tidak terlibat pelanggaran yang dapat mencoreng nama baik satuan di mata masyarakat, khususnya di daerah Sumatera Barat (Sumbar).

"Personel marinir harus senantiasa menjaga nama baik satuan dan institusi. Jangan sampai terlibat pelanggaran, baik pelanggaran hukum ataupun etika dan disiplin," kata Nur Alamsyah, usai menjadi inspektur upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) II Padang, di Padang, Kamis (2/11).

Pihaknya terus melakukan evaluasi dan berbuat yang terbaik, baik itu di lingkungan internal atau memberikan contoh ke luar ketika di lingkungan masyarakat.

Khusus untuk Yonmarhanlan II Padang, ia meminta jajaran mempertahankan citra positif yang telah terbentuk sampai saat ini.

"Dalam setahun terakhir tidak anggota marinir yang terlibat pelanggaran, ini harus terus dipertahankan. Saya apresiasi Komandan lama yang telah berhasil menekan angka pelanggaran itu," katanya.

Saat ditanyai tentang tugas pengamanan wilayah laut, ia mengatakan marinir akan bergerak bersama dalam kerangka TNI Angkatan Laut.

"Kita berada dalam satu kerangka TNI AL, jadi untuk tugas tidak hanya marinir saja, tapi bergerak bersama secara keseluruhan sebagai Sistem Senjata Armada Terpadu," jelasnya.

Ia juga meminta agar jajaran menjalin kerjasama yang baik dengan pihak kepolisian, pemerintah daerah, serta elemen masyarakat lainnya.

Sebelumnya, upacara serah terima jabatan Komandan Yonmarhanlan II Padang dilakukan langsung di lapangan Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang.

Posisi Komandan Yonmarhanlan II Padang akan dijabat oleh Letkol Marinir Bastian Setya Laksana Putra, menggantikan Mayor Marinir TNI Yudha Ismanto.

Letkol Marinir Bastian Setya Laksana Putra sebelumnya menjabat sebagai Komandan Batalyon II Resimen Akademi Aangkatan Laut Surabaya.

Sementara Mayor Marinir Yudha Ismanto selanjutnya akan bertugas sebagai Komandan Detasemen III grup C Paspampres.

Upacara diikuti ratusa personel marinir, dan dihadiri Wakil Komandan Lantamal II Padang Kolonel Marinir Lasmono, pihak kepolisian, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dan lainnya. (*)