Pemerintah Pusat Siapkan Rp100 Miliar untuk Jalan Padang-Mandeh

id Mandeh

Pemerintah Pusat Siapkan Rp100 Miliar untuk Jalan Padang-Mandeh

Foto udara kawasan wisata Mandeh di Kab.Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin (24/4). Dinas Pariwisata Sumbar menyatakan, kawasan Mandeh seluas 18.000 Ha yang terdiri dari sejumlah pulau dan masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken itu, pembebasan lahannya ditargetkan tuntas hingga penghujung 2017, sehingga pada 2018 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh bisa diwujudkan. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww/17.

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengharapkan jalan dari Kota Padang menuju kawasan wisata Mandeh di Pesisir Selatan sepanjang 42 kilometer selesai pada 2019 untuk mendukung pengembangan destinasi wisata itu.

"Proses pembebasan dan pembukaan lahan sudah selesai. Tinggal proses pembayaran. 2018 pemerintah pusat memberikan dukungan anggaran Rp100 miliar untuk pembangunan jalan," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Kamis (2/11).

Anggaran itu didapatkan dengan upaya dan dukungan anggota DPR RI Dapil Sumbar, Alex Indra Lukman, katanya.

"Dengan anggaran Rp100 miliar tahun depan, sudah ada sekitar Rp185 miliar yang dikucurkan pemerintah pusat sejak 2016 dari perkiraan kebutuhan Rp324 miliar," kata dia.

Ia berharap pada 2019 pemerintah pusat kembali mengucurkan anggaran sehingga jalan menuju salah satu destinasi andalan Sumbar itu selesai dan nyaman dilalui.

"Kita berharap dukungan semua pihak untuk mendapatkan dana pusat ini," kata dia.

Jalan tembus Padang-Kawasan Mandeh itu awalnya dibangun selebar 12 meter. Dalam prosesnya lebar jalan berkurang menjadi 9 meter dan terakhir menjadi 6 meter.

Meski demikian, tanah yang dibebaskan sebagian besar telah selebar 12 meter hingga ke depan ruas jalan itu masih bisa diperlebar.

Mandeh merupakan kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berbatas langsung dengan Kota Padang. Kawasan ini hanya berjarak 56 km dari Padang dengan luas kurang lebih 18.000 hektar.

Objek wisata yang ada di Kawasan Wisata Mandeh adalah Pulau Cubadak, Pulau Batu Kalang, Pulau Setan, Bukit Mandeh, Pulau Saronjong Gadang dan Ketek, Bukit Langkisau, Pulau Cingkuak, Pantai Carocok, dan Pulau Pagang.

Meski memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan, namun infrastruktur penunjang di sana masih minim. (*)