Kanmenag Lakukan Pembinaan Bagi Calon Pengantin

id pernikahan

Kanmenag Lakukan Pembinaan Bagi Calon Pengantin

Ilustrasi.

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar melakukan pembinaan perkawinan bagi pasangan calon pengantin untuk mewujudkan keluarga yang sakinah.

"Pembinaan bagi pasangan calon pengantin ini untuk persiapan menjelang dilakukan pernikahan sehingga nantinya terwujud keluarga yang sakinah dan sesuai konsep keluarga dalam Islam," kata Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, Syamsul Arifin di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan di Sumatera Barat terdapat 10 kabupaten atau kota yang mendapat perhatian serius dilakukan pembinaan perkawinan bagi para calon pengantin karena termasuk daerah yang angka perceraian cukup besar, termasuk Tanah Datar.

"Untuk menekan tingginya angka perceraian tersebut maka diselenggarakanlah kegiatan pembinaan perkawinan bagi calon pengantin," katanya.

Kegiatan pembinaan perkawinan ini dilakukan selama Oktober sampai Desember 2017 dan setiap calon pengantin akan diberikan sertifikat sekaligus sebagai syarat dapat melangsungkan pernikahan.

Tujuan pembinaaan perkawinan ini agar tidak terjadinya perceraian dini, menciptakan keluarga yang sakinah sehingga tercipta rasa cinta kasih antara suami dan istri, mawahdah untuk melahirkan kebahagian dan memiliki keturunan dan warahmah sebagai perasaan cinta yang melahirkan keinginan kasih sayang.

Ia mengingatkan agar calon pengantin jika sudah menikah jangan mudah mengucapkan kata talak atau cerai, karena perbuatan itu sangat dibenci Allah SWT. (*)