Masyarakat Nagari Manggopoh Gotong Royong Bangun Kantor Wali Nagari Senilai Rp1,95 Miliar

id irwan prayitno

Masyarakat Nagari Manggopoh Gotong Royong Bangun Kantor Wali Nagari Senilai Rp1,95 Miliar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memotong pipa saat peresmian Kantor Wali Nagari Manggopoh, Kabupaten Agam, Selasa (31/10). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno memberikan apresiasi swadaya masyarakat Nagari Manggopoh, Kabupaten Agam, dalam membangun kantor wali nagari setempat secara bergotong royong sehingga berdiri kantor yang megah.

"Dengan gotong royong itu terkumpul dana sebesar Rp1,95 miliar untuk membangun kantor nagari ini," katanya saat meresmikan pemakaian kantor Wali Nagari Manggopoh di Lubukbasung, Selasa (31/10).

Tanpa ada dukungan masyarakat, katanya, maka kantor yang megah ini tidak bisa akan berdiri.

Dengan kebersamaan itu, maka semua kesulitan akan terpecahkan.

"Dengan kebersamaan ini maka kantor ini bisa berdiri sesuai denganharapan," katanya.

Kepada Wali Nagari Manggopoh, Irwan Prayitno berpesan, megahnya kantor wali nagari ini tidak cukup dalam melayani masyarakat nagari. Tetapi harus diisi dengan teknologi informasi, perangkat komputer dan media teknologi yang memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, dikuatkan dengan sumber daya manusia yang ramah melayani masyarakat saat mengurus dokumen kependudukan.

"Dengan adanya teknologi informasi, perangkat komputer dan sumber daya manusia, maka dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Sementara Asisten I Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik Sekretariat Daerah Agam, Yosefriawan berharap pengorbanan dan kepedulian yang diberikan masyarakat untuk pembangunan kantor wali nagari yang megah ini dapat dibayar dengan cara memanfaatkan gedung itu dengan sebaik-baiknya.

"Manfaatkan kantor ini dengan baik demi melayani masyarakat," katanya.

Wali Nagari Manggopoh, Ridwan menambahkan, dana untuk pembangunan kantor nagari ini berasal dari sumbangan masyarakat, Kerapatan Adat Nagari Manggopoh, perusahaan yang ada di Nagari Manggopoh dan lainnya.

"Saat ini dana untuk pembangunan kantor sebesar Rp1,95 miliar dan sesuai dengan perencanaan dana yang dibutuhkan Rp2,25 miliar," katanya.

Saat ini, kondisi bangunan kantor sekitar 90 persen dan berharap dalam waktu dekat pembangunan akan selesai.

Untuk meningkatkan pelayanan, Kantor Nagari Manggopoh telah dilengkapi teknologi informasi beserta sumber daya manusia yang handal, sehingga pelayanan di kantor itu hanya membutuhkan waktu selama 15 menit. (*)