Lima Orang Warga Pasaman Barat Terjangkit HIV/AIDS

id HIV/AIDS

Lima Orang Warga Pasaman Barat Terjangkit HIV/AIDS

Ilustrasi Petugas menunjukkan tiga sampel darah yang terindikasi positif HIV/AIDS. (ANTARA FOTO/Siswowidodo/Koz/mes/14.)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Lima warga Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) terdeteksi menderita HIV/AIDS.

"Benar, ada lima warga terdeteksi penyakit HIV/AIDS. Kita meminta warga waspada terhadap penyakit ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra di Simpang Empat, Senin (30/10).

Kelima orang warga Pasaman Barat itu sudah dirujuk ke Rumah Sakit M Djamil Padang untuk pengobatan lebih jauh.

Menurutnya Pasaman Barat saat ini sudah mulai dirasuki oleh berbagai macam bahaya dan perlu diwaspadai oleh semua pihak.

"Penyakit ini sudah mulai menyerang masyarakat kita terutama masyarakat yang ada di daerah Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk saat ini memang baru terindikasi lima orang masyarakat. Untuk lima orang pasien yang terjangkit virus HIV/AIDS tersebut sudah ditangani dengan cepat.

"Untuk lima orang itu sudah kita tangani, dan sudah kita rujuk ke RSUD M Djamil Padang," ujarnya.

Pihaknya saat ini sedang melakukan pendekatan kepada masyarakat agar masyarakat yang terjangkit virus tersebut mau berobat. Sebab, pada umumnya pasien yang terkena virus HIV AIDS tersebut ada rasa malu dan tidak mau atau malas berobat.

"Dalam penanganan kita perlu melakukan pendekatan kepada masyarakat. Bagi siapa yang sudah terjangkit virus tersebut diharapkan mau berobat," harapnya.

Ia meminta masyarakat diminta hati-hati dalam segala tindakan dan perbuatan. Jangan sampai pergaulan dan segala macam yang bisa menyebabkan sesuatu penyakit terus dilakukan.

"Harapan kita tentu tidak ada lagi warga Pasaman Barat yang terkena penyakit berbahaya ini. Kita akan terus lakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar menghindari dan menjauhi segala macam penyakit tersebut," ujarnya. (*)