Pemkot Bukittinggi Siapkan Lokasi Sementara untuk Berdagang Pascakebakaran

id Kebakaran

Pemkot Bukittinggi Siapkan Lokasi Sementara untuk Berdagang Pascakebakaran

Situasi di Pasar Atas Bukittinggi setelah kebakaran terjadi di pusat pertokoan yang menghanguskan 800 kios pedagang. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, Sumatera Barat akan menyiapkan lokasi penampungan sementara bagi para pedagang Pasar Atas pascakebakaran, Senin pagi.

"Secepat mungkin kita akan menyiapkan lokasi penampungan sementara bagi para pedagang," kata Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Atas, Senin.

Ia menyebutkan untuk lokasi hingga saat ini belum ditentukan, sebab pihaknya harus berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Menurutnya pihak pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin agar seluruh pedagang bisa kembali berjualan.

Ia menjelaskan total kerugian belum bisa dipastikan dari 800 jumlah kios yang terbakar, sebab hingga saat ini masih berlangsung pendinginan dari sisa kebakaran.

"Kita belum bisa memastikan total kerugian dan siang ini kami akan segera mengadakan rapat dengan seluruh pihak terkait," ujarnya.

Untuk sumber api belum bisa pastikan, lebih lanjut hal tersebut diserahkan kepada pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan.

Hingga beberapa waktu ke depan lokasi kebakaran akan dipagar dan seluruh aktivitas renovasi akan dihentikan.

Sebelumnya pada pukul 06.00 WIB Pusat Pertokoan Pasar Atas Kota Bukittinggi terbakar hingga menghanguskan ratusan toko.

Proses pemadaman api melibatkan sekurangnya 20 mobil yang berasal dari beberapa kabupaten/kota di Sumbar. (*)