Koordinator Kopertis X Nilai Sumpah Pemuda Memotivasi Mahasiswa Berprestasi

id kopertis

Koordinator Kopertis X Nilai Sumpah Pemuda Memotivasi Mahasiswa Berprestasi

Koordinator Kopertis X Prof Herri (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Prof Herri mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda seharusnya menjadi motivasi mahasiswa lebih berprestasi.

"Bila ingat perjuangan merebut Kemerdekaan pemuda begitu gigih dan kuat mempertahankan prinsipnya hal ini harus dilanjutkan oleh mahasiswa sebagai tolok ukur kekuatan tersebut," ujarnya, di Padang, Minggu.

Menurutnya mahasiswa perlu mencontoh perjuangan pahlawan yang dapat mengikrarkan Sumpah Pemuda itu dengan memperkuat ilmu pengetahuan, kemampuan dan baik dalam etika.

Dalam memperkuat ilmu pengetahuan itu mahasiswa melaksanakan kewajibannya yakni belajar, meneliti dan melakukan pengabdian.

Sedangkan memperkuat kemampuan dengan mengikuti sejumlah organisasi positif dan kegiatan kreatif.

Terakhir senantiasa beribadah dan meningkatkan rasa sosial antar sesama.

Kemudian tambahannya selalu cinta pada tanah air, meningkatkan rasa nasionalisme dan rela berkorban untuk kepentingan negara.

"Bila semua sikap itu dilaksanakan, ikrar Sumpah Pemuda dapat terwujud," katanya.

Beberapa tujuan juga perlu dicapai mahasiswa yakni lulus, meningkatkan jenjang pendidikan dan bekerja atau membuka usaha.

Dia menambahkan langkah kampus menggandeng TNI untuk kegiatan Wawasan Kebangsaan dinilai tepat untuk melihat peta pengetahuan bangsa dan negara di mata mahasiswa.

Hal ini juga perlu dimanfaatkan mahasiswa untuk konsisten dalam mencintai produk dalam negeri, bangga pada beragam suku bangsa dan bahasa namun tetap mewujudkan persatuan dan kesatuan.

Sementara itu salah satu alumni Universitas Bung Hatta Padang Shindy mengatakan mahasiswa masih perlu dibina lebih dalam oleh pendidik bukan saat kuliah saja.

Menurutnya kegiatan unit mahasiswa perlu lebih diarahkan dan diawasi agar tepat sasaran.

Dengan begitu manfaatnya tidak dirasakan saat ini namun juga secara berkelanjutan. (*)