Meriahkan Sumpah Pemuda, Bendera Dikibarkan di Bawah Laut

id bendera

Meriahkan Sumpah Pemuda, Bendera Dikibarkan di Bawah Laut

Bendera Merah Putih. (Antara)

Situbondo, (Antara Sumbar) - Puluhan pemuda Karang Taruna Desa Wonorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengibarkan Bendera Merah Putih "raksasa" atau berukuran besar di tengah laut dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017.

"Ada sekitar 70 orang pemuda karang taruna yang terlibat pengibaran bendera di tengah laut, termasuk juga unsur pemerintah desa, Babinsa, kelompok nelayan, pramuka dan pelajar SMK serta lembaga lingkungan," ujar Ketua Karang Taruna Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Selamet Haryadi di Situbondo, Sabtu.

Selain pengibaran bendera Merah Putih berukuran 10x28 meter di atas batu karang yang telah mati (takat tanjung wedi), lanjut dia, terlebih dahulu menggelar upacar memperingati Hari Sumpah Pemuda, dengan mengucapkan janji sumpah pemuda serta menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia.

Upacara dan pengibaran bendera di tengah laut yang penuh tantangan itu dilakukan, katanya, guna membangkitkan semangat para pemuda, khususnya pemuda Desa Wonorejo yang saat ini dikenal dengan "Desa Kebangsaan" agar selalu giat melakukan kegiatan-kegiatan positif.

"Kegiatan ini dilakukan juga untuk mengajak generasi muda mencintai lingkungan yang ada disekitarnya. Dan harapan kami, batu karang seluas sekitar tiga hektare yang ada di Takat Tanjung Wedi dapat dijadikan destinasi wisata laut oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo maupun Pemerintah Pusat," tuturnya.

Selamet menambahkan, kegiatan itu juga merupakan langkah awal untuk membangkitkan semangat pemuda setempat cinta lingkungan dan terlebih menjaga terumbu karang dari kerusakan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. (*)