Pemkab Solok Beri Pembekalan Manajemen Kepada Aparatur Nagari

id pemkab solok

Pemkab Solok Beri Pembekalan Manajemen Kepada Aparatur Nagari

Bupati Solok,Gusmal memberi arahan pada pembekalan wali nagari 2017. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat memberikan pembekalan mengenai manajemen, perencanaan pembangunan dan pengelolaan keuangan nagari kepada aparatur pemerintah nagari yang dilantik pada 2017, Sabtu.

Bupati Solok, Gusmal di Padang mengatakan kepada seluruh wali nagari untuk segera menyusun anggaran pemerintah nagari dan bisa menggali potensi nagari dari segala sumber, untuk peningkatan kesejahteraan warga masyarakat nagari.

"Jangan sampai ada para Wali Nagari yang berurusan dengan aparat penegak hukum karena adanya kesalahan pengelolaan keuangan Nagari," ujarnya.

Ia berharap wali nagari dan perangkatnya dapat menciptakan administrasi yang baik, transparan dan akuntabel, dan melaksanakan pengolahan keuangan nagari yang transparan dan akuntabel.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diharapkan wali nagari dapat menciptakan atau mendirikan BUM-Nag yang terkelola dengan baik oleh orang yang tepat.

Sementara itu, Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Solok, Medison mengatakan pembekalan ini untuk memberikan pemahaman serta regulasi bagi wali nagari terpilih 2017 dalam rangka melaksanakan manajemen pemerintahan nagari, perencanaan pembangunan nagari maupun pengelolaan keuangan dan penyusunan peraturan nagari.

"Sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan partisipatif serta untuk mewujudkan masyarakat dan pemerintahan nagari yang mandiri dan produktif," ujarnya.

Peserta kegiatan pembekalan ini diikuti oleh wali nagari yang terpilih dalam pelaksanaan pilwana serentak 2017 sebanyak 16 orang.

Ia menyampaikan untuk menciptakan dan menjalankan pemerintahan yang baik, wali nagari terpilih diharapkan dapat menghilangkan rasa persaingan di masa pilwana, sehingga tercipta suasana yang kondusif dan nyaman untuk pembangunan nagari ke depannya.

Narasumber kegiatan ini Kepala Baretlitbang Kabupaten Solok, BKD Kabupaten Solok, Asisten I Setda Kabupaten Solok, Inspektur Kabupaten Solok, dan Kepala Bidang terkait. (*)