Kemenpora Harapkan Gala Desa Dapat Mendukung Asian Games 2018

id kemenpora

Kemenpora Harapkan Gala Desa Dapat Mendukung Asian Games 2018

Kemenpora. (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kementerian Pemuda dan Olahraga mengharapkan pagelaran program olahraga Gala Desa 2017 mampu mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Program olahraga Gala Desa dari Kemenpora ini merupakan salah satu program yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang," Asisten Deputi III Bidang Olahraga Kemenpora, Edi Nurinda saat pembukaan acara Gala Desa di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Jumat.

Ia juga mengharapkan dengan digelarnya Gala Desa di Kabupaten Tanah Datar ini nantinya akan dapat memunculkan atlet baru bidang olahraga yang akan mengangkat dan mengharumkan nama bangsa dan negara.

"Kita berharap nanti akan lahir atlet berprestasi dari turnamen Gala Desa 2017 ini, yang nantinya akan mengharumkan nama Tanah Datar, Sumbar, dan nasional bahkan dunia," katanya.

Program Gala Desa ini bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat serta dalam upaya mencari bakat-bakat baru yang berprestasi.

Program ini digelar di 36 daerah kabupaten/kota, dan pada saat ini ada 20 kabupaten/kota yang melaksanakannya secara serentak.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya daerah Tanah Datar sebagai salah satu pelaksana Gala Desa 2017 oleh Kemenpora RI.

"Kita merasa sangat bangga karena Kabupaten Tanah Datar terpilih menjadi salah satu pelaksana Gala Desa 2017 bersama 36 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Pada kegiatan ini akan diperlombakana enam cabang olahraga yakni sepak bola di Kecamatan Sungayang, bola voli di Kecamatan Salimpaung, atletik dan bulu tangkis Kecamatan Limo Kaum, sepak takraw di Kecamatan Tanjung Emas, dan tenis meja di Kecamatan Lintau Buo Utara.

Pada acara pembukaan tersebut ditandai dengan dilaksanakannya senam Gala Desa diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Pemkab Tanah Datar, dan seribuan siswa sekolah dari tingkat SD, SLTP dan SLTA. (*)