Tingkatkan Kepekaan, Kesbangpol Sijunjung Bekali FKDM

id #Kesbangpol Sijunjung

Tingkatkan Kepekaan, Kesbangpol Sijunjung Bekali FKDM

Kegiatan pembekan untuk pemuda nagari sebagai kader kader Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). (b)

Muaro (antara sumbar) Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Linmas Kabupaten Sijunjung mengadakan pembekalan untuk para pemuda nagari kader Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Kegiatan yang berlangsung, Kamis, dihadiri oleh Bupati Sijunjung yang diwakili oleh Staf Ahli Syahrial, Wakil Ketua DPRD Walbardi, Kepala OPD Kabupaten Sijunjung berserta unsur Forkopimda kabupaten itu.

Kepala Seksi Bimpol Yan Hardiyan sebagai panitia pelaksana menyampaikan kepada para peserta kegiatan yang diwakili oleh 1 (satu) orang dari masing-masing nagari di Kabupaten Sijunjung, totalnya berjumlah 62 nagari.

Acara yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana.

Selain itu, meningkatkan peran serta masyarakat khususnya pemuda nagari dengan deteksi dini, serta meningkatkan peran kader FKDM dalam terima cepat dan lapor cepat terhadap potensi ancaman di daerah masing-masing.

Pembekalan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari dari 26 hingga 29 Oktober 2017, yang menghadirkan nara sumber pembekalan FKDM ini terdiri dari Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat.

Binda Provinsi Sumatera Barat, Kodim 0310/SSD, Polres Sijunjung, Kejaksaan Negeri Sijunjung, kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung.

Di akhir acara Syahrial membuka secara resmi pembekalan FKMD se-Kabupaten Sijunjung tahun 2017. Yang mana dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya forum ini dimana akhir-akhir ini semakin maraknya kriminalitas di zaman sekarang.

Untuk itu, ia mengajak para pemuda dari perwakilan masing-masing nagari untuk dapat menjaga suasana yang kondusif melalui deteksi dini terhadap ancaman sehingga terciptanya keamanan dan ketertiban di masing-masing nagari yang ada di Kabupaten Sijunjung.***