Kreatifitas di Rumah Kreatif BUMN, BNI Dukung RKB Payakumbuh

id #BNI Wilayah Padang #Rumah Kreatif BUMN

Komisaris BNI Revrisond Baswir (dua dari kanan) didampingi Wakil Pimpinan BNI Wilayah Padang Iwan Afandi (kanan) bersama Wali Kota Payakumbuh Reza Falepi (kiri) memperlihatkan produk UMKM Kota Payakumbuh, Kamis (27/10). Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang baru diresmikan itu nanti dapat dijadikan wadah bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan pengetahuan dan peluang pemasaran. (Doc. Hms-BNI/17) (b)

Payakumbuh, (antara sumbar) Dalam rangka perwujudan dukungan BNI dalam pengembangan bisnis di segmen mikro, kecil dan menengah sehingga bersama Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif Kota Payakumbuh membuka peluang dan dukungan penuh pada pelaku UMKM di kota itu.

Pengembangan dimulai dengan memberikan dukungan pada pelaku UMKM baik dalam pengembangan produk, distribusi dan promosi melalui platform digital. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa sektor UMKM merupakan sektor dengan cakupan segmentasi yang cukup besar dibandingkan dengan segmen lainnya.

Namun di Indonesia masih belum tergarap sempurna, dikarenakan oleh kualitas dari pelaku UMKM itu sendiri dalam pengembangan produk maupun pemasarannya.

BNI dan PT. Bukit Asam bersama Pemkot Payakumbuh telah membuka peluang pengembangan dengan membuka sebuah Rumah Kreatif BUMN yang sedianya ke depan dapat digunakan sebagai ajang berkreatifitas para pelaku UMKM di Payakumbuh.

Dalam peresmian Rumah Kreatifitas BUMN (RKB) Payakumbuh pada 27 Oktober 2017, turut hadir juga Wali Kota Payakumbuh Reza Falepi dan unsur pimpinan dari BNI Wilayah Padang.

Komisaris BNI Revrisond Baswir mengungkapkan bahwa diperlukan kreatifitas lebih dalam melakukan pengembangan bisnis UMKM sebagai bisnis yang merupakan tulang punggung ekonomi di Indonesia.

Sebagai salah satu bentuk sinergi BUMN, maka peresmian pengoperasian RKB Payakumbuh dilaksanakan di Ngalau Indah Payakumbuh, selain dihadiri oleh Komisaris BNI juga dihadiri oleh perwakilan PT. Bukit Asam dengan bergabung dan aktif dengan RKB BNI, mitra mitra binaan akan mendapatikan pembinaan untuk mengembangkan bisnis dalam wadah Digital Economy Ecosystem.

Lewat pembinaan ini, kapasitas mitra binaan dalam mengembangan peluang usaha melalui digital market atau e-commerce diharapkan dapat meningkat dan semakin berkualitas. Saat ini telah terdaftar sekitaar 1.789 UMKM di RKB Payakumbuh.

Selain mendapatkan pembinaan dengan bergabung di RKB, para pelaku usaha juga mendapatkan manfaat berupa training registrasi dan penggunaan salah satu platform belanja yaitu blanja.com. UMKM juga pendapatkan kemudahaan dalam melayani konsumen dalam melayani pemasaran online.



Head Of Network & Services BNI Wilayah Padang Iwan Afandi yang turut mendampingi acara Peresmian RKB menyampaikan para pelaku UMKM dan UKM di Payakumbuh dan sekitarnya dapat memanfaatkan fasilitas yang disiapkan dan selaku pelaku usaha bisa mengakses penjualan via online sehingga dapat mendongkrak usahanya. ***

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar