TMMD Payakumbuh Ditutup, 1,2 Kilometer Jalan Telah Dibuka

id TMMD

TMMD Payakumbuh Ditutup, 1,2 Kilometer Jalan Telah Dibuka

Penandatanganan berita acara penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 tahun 2017 Wilayah Kota Payakumbuh. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) menutup Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 tahun 2017 Wilayah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (26/10).

Komandan Satgas TMMD ke 100 Letkol Inf. Heri Sumitro mengatakan selain membuka jalan baru 1.200 meter, bedah dua rumah tidak layak huni.

Selain itu juga diwarnai dengan marching band TNI AD, aksi donor darah, pelbagi tanam buah swasembada pangan juga disemarakkan dengan bazar murah dan berakhir dengan makan bajamba.

Ia mengatakan pada hakekatnya program TMMD yang telah berlangsung ke 100 kali ini sebagai implementasi untuk menggali dan membangkitkan kembali sistem imunitas bangsa Indonesia.

"Kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat selama pelaksanaan TMMD, baik dalam keadaan fisik maupun non fisik diharapkan dapat mengembalikan nilai-nilai luhur yang saat ini terasa semakin terkikis karena arus globalisasi dan modernisasi," katanya.

Menurutnya tugas tentara memang untuk berperang, tetapi pada masa damai tentara akan turun ke lapangan untuk membantu kesulitan rakyatnya dan membantu program pemerintahnya.

Percepatan pembangunan meningkatkan kemandirian pangan dan kesejahteraan masyarakat, tema ini juga selaras dengan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra mengapresiasi program TMMD. Pogram tersebut diyakini berdampak kepada masyarakat banyak.

Adapun pengerjaannya lebih mengedepankan aspek kualitas bukan kuantitas.

Menurutnya lama usia sebuah bangunan akan terlihat ketika pengerjaan fisik secara baik dan bekualitas. Komitmen tersebut tetap menjadi ukuran bagi TNI dalam programnya.

"Kami berterima kasih atas kerja TNI dalam pengerjaan infrastruktur yang cepat dan berkualitas dampaknya akan dapat dirasakan lansuang masyarakat," kata dia.

Penutupan program TMMD itu dihadiri Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Wakil Wali Kota, Erwin Yunaz, Danrem 032 Wira Braja Brigjen Bakti Agus, Kapolres Payakumbuh AKBP Kuswoto serta Forkopimda lainnya. (*)