Kabar Gembira, 1.056 Rumah Warga Pesisir Selatan Segera Dialiri Listrik PLN

id PLN Painan

Manajer PLN Rayon Painan, Mulawarman (tengah). (Dok. Pribadi)

Painan, (Antara Sumbar) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat segera mengaliri listrik ke 1.056 rumah warga di daerah itu.

"Pemasangan jaringan akan tuntas pada minggu keempat Oktober 2017," kata Manajer PLN Rayon Painan, Mulawarman di Painan, Kamis (26/10).

1.056 rumah warga itu tersebar di Kecamatan Bayang, Bayang Utara, IV Jurai, Batang Kapas dan Sutera.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan upaya agar seluruh masyarakat bisa menggunakan listrik di rumahnya masing-masing untuk pelbagai keperluan.

Ia menyebutkan dengan telah dialirinya listrik 1.056 rumah warga, maka seluruh rumah warga di daerah itu telah terjangkau listrik, hanya tergantung mereka mau menjadi pelanggan PLN atau tidak.
"Memang masih ada yang belum terjangkau namun mereka telah mendapat pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang ada disana seperti di Nagari (Desa Adat) Pancuang Taba, Bayang Utara," katanya.

Sementara, khusus warga di Kampung Tanjung Gadang, Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera yang sebelumnya telah mendapat pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tetap dijangkau karena PLTS disana telah rusak sejak beberapa tahun terakhir.

Tokoh masyarakat di Kampung Tanjung Gadang, Sobari (60) menyebutkan pihaknya menyambut baik upaya PLN mengalirkan arus listrik ke kampung itu.

"Sebelumnya disini terdapat satu unit PLTS yang mampu memasok listrik ke sekitar 70 unit rumah," katanya. (*)

Namun semenjak PLTS itu dioperasikan pada 2004 silam hanya berfungsi sekitar sembilan bulan saja sehingga ia dan masyarakat setempat harus menggunakan generator set hingga sekarang.

Menurutnya, penggunaan generator set tidaklah efektif karena dalam semalam bisa menghabiskan bahan bakar tiga sampai empat liter. (*)


Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar