Wawako Payakumbuh Minta Masyarakat Berperan Aktif Cegah Kanker Serviks

id Kanker Serviks

Wawako Payakumbuh Minta Masyarakat Berperan Aktif Cegah Kanker Serviks

Pencanangan Bulan Bhakti PKK KB Kesehatan tingkat Kota Payakumbuh 2017. (ist)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Erwin Yunaz meminta masyarakat setempat agar berperan aktif mencegah penyakit kanker mulut rahim atau serviks.

"Kanker tersebut merupakan penyakit berbahaya yang tidak menular, dan saat ini wabahnya menjadi masalah serius bagi Kota Payakumbuh dan juga secara nasional," kata dia di Payakumbuh, Kamis.

Ia menyebutkan kanker serviks salah satunya disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat, khususnya kaum wanita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan diri.

Setiap warga harus menyadari akan bahaya penyakit kanker serviks. Seluruh elemen harus bahu-membahu, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Payakumbuh dan instansi vertikal lainnya.

Hal itu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat sebagai wujud amanah dari undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 dan UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang kesehatan serta perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Henny Riza Falepi berharap semua unsur dan masyarakat untuk mengedepankan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Dalam menyukseskan gerakan PKK KB-Kes, diharapkan kesadaran dan kerja sama semua unsur terkait untuk mengutamakan dan mengedepankan PHBS. Partisipasi aktif kader PKK dan kader posyandu melalui holistik terintegrasi," kata dia.

Menurutnya pencegahan kanker serviks adalah tanggung jawab semua, yang dimulai dari meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung program kesehatan nasional.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi program pencegahan kaker serviks dilaksanakan setiap tahun.

Untuk tahun ini, kata dia dimulai pada Oktober hingga Desember dan kelanjutan dari Bulan Bhakti TNI KB Kes sebelumnya. (*)