Kopertis X Konsisten Tingkatkan Kinerja Wasdalbin Kampus

id Kopertis

Kopertis X Konsisten Tingkatkan Kinerja Wasdalbin Kampus

Gedung Kopertis Wilayah X (Antara) (antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X menyatakan akan konsisten dalam meningkatkan kinerja pengawasan, pengendalian dan pembinaan (Wasdalbin) kampus dengan tujuan mempercepat pengembangannya.

"Salah satu yang sedang diupayakan yakni memberikan kemudahan pelayanan untuk kampus, dosen atau mahasiswa," ujar Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Kamis.

Untuk pelayanan ini, Kopertis X mengupayakan kemudahan lewat sistem dalam jaringan yang tengah dikembangkan.

Melalui laman kopertis10.or.id kampus swasta sudah bisa mengakses berbagai informasi terkait kampus, Kopertis dan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Di dalam laman itu juga sudah tersedia layanan interaktif langsung, seperti urusan administrasi melalui sistem "elektronik office (e office)", kemudian ada layanan bimbingan penyusunan jurnal, layanan klinik bimbingan daring untuk penelitian dan pengabdian masyarakat, dan pustaka daring.

Kemudian pelayanan langsung di kantor di Padang melalui Unit Layanan Terpadu semakin cepat dengan tersedia tepat di depan ruangan tunggu.

Baik mahasiswa maupun dosen dapat cepat terlayani langsung dengan pihak yang bersangkutan.

"Kami juga secara rutin berkeliling menjemput aspirasi dan pemikiran ke daerah untuk mengawasi serta mengamati pengembangan kampus," tambahnya.

Dia berharap kampus swasta yang ada di empat provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau dapat memaksimalkan pelayanan tersebut menjadi modal untuk penguatan kampus ke depan.

Sementara itu salah satu dosen di STKIP PGRI Sumbar, Fachrul Reza berharap Kopertis X dapat membantu dosen di kampus swasta dalam bekerja secara akademik.

Artinya ada pelatihan tentang kepemimpinan dalam kampus di samping tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat).

Sebab, berbeda dari di negeri, dosen di kampus swasta mulai dari administrasi hingga penelitian dilakukan secara mandiri.

Sosialisasi ini perlu diperkuat untuk meningkatkan kompetensi dosen di kampus swasta. (*)