Delapan Hektare Kebun Sawit Ujung Gading Terbakar

id KEBAKARAN HUTAN

Delapan Hektare Kebun Sawit Ujung Gading Terbakar

Relawan pemadam BPBD Pasaman Barat berupaya memadamkan kebakaran di Ujung Gading, Rabu (25/10). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Sekitar delapan hektare kebun kelapa sawit milik masyarakat di Jorong Pondok Sapek, Nagari Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terbakar pada Rabu (25/10).

"Api mulai membesar sejak Rabu (25/10) pagi. Api berasal dari tiga titik sehingga mengakibatkan sekitar delapan hektare kebun kelapa sawit hangus terbakar," kata Ketua Kelompok Siaga Bencana Kecamatan Lembah Melintang Wafriman Zani.

Ia mengatakan akibat kebakaran itu masyarakat mengalami kerugian sekitar Rp150 juta. Saat ini api sudah mulai padam karena pihaknya berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

"Saat ini petugas pemadam kebakaran dibantu relawan siaga bencana dan masyarakat masih berupaya memadamkan api," katanya.

Pihaknya belum memastikan penyebab kebakaran tersebut namun diduga akibat musim kamarau yang terjadi sejak tiga minggu terakhir.

Menurutnya petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena akses jalan menuju lokasi kebakaran sangat sulit sehingga pemadaman menggunakan alat seadanya yaitu pompa air pecucian motor dan ember.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan membakar dan tidak membuang puntung rokok sembarangan karena saat ini musim kemarau," ujarnya.

Ia menjelaskan Pasaman Barat yang memiliki lahan kelapa sawit yang rawan kebakaran. Berulang kali kebakaran lahan kelapa sawit terjadi di Pasaman Barat.

"Mudah-mudahan api segera padam dan tidak menjalar ke lahan masyarakat lain. Kami terus memadamkan api," katanya.

Saat ini petugas dari BPBD Pasaman Barat, Koramil, kelompok siaga bencana, pemadam kebakaran dan masyarakat terus berupaya memadamkan kebakaran. (*)