PLN Terapkan Proses Pasang Baru Satu Hari

id PLN PAINAN

PLN Terapkan Proses Pasang Baru Satu Hari

Manajer PLN Rayon Painan, Mulawarman. (ANTARA SUMBAR/Dokumentasi Pribadi)

Painan, (Antara Sumbar) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menerapkan proses pemasangan listrik baru ke calon pelanggannya dalam satu hari sebagai upaya memaksimalkan pelayanan.

"Pemasangan listrik dalam satu hari dapat dilakukan dengan catatan instalasi listrik telah terpasang dan juga telah mengantongi sertifikat laik operasi," kata Manajer PLN Rayon Painan, Mulawarman di Painan, Rabu.

Kendati demikian ia menyebutkan pemasangan listrik dalam satu hari baru bisa direalisasikan di lokasi sekitar Kota Painan, Pincuran Boga, Salido, Salido Kecil, Laban dan Sago.

Sementara di lokasi lain yang berada di luar kota belum bisa dilaksanakan karena panjangnya jarak tempuh.

"Untuk daerah di luar kota maksimal pemasangan bisa dituntaskan dalam waktu tiga sampai empat hari," katanya.

Selain membuat terobosan pemasangan listrik dalam satu hari, PLN Rayon Painan juga menetapkan tarif penyambungan listrik sehingga tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan.

Untuk pemasangan daya 900 Volt Ampere, calon pelanggan harus mengeluarkan biaya instalasi Rp1,3 juta rupiah sementara untuk sertifikat laik operasi biayanya Rp60 ribu, selanjutnya untuk daya 1.300 Volt Ampere biaya instalasi masih sama hanya saja biaya sertifikat laik operasi Rp95 ribu.

Begitu juga jika pelanggan memasang daya 22.00 Volt Ampere biaya instalasi masih sama hanya saja biaya sertifikat laik operasi Rp110 ribu.

Semua biaya tersebut telah mencakup pemasangan instalasi untuk empat titik lampu, satu stop kontak, Box MCB dan ARDE.

Sementara jika ada penambahan pemasangan titik lampu baru calon pelanggan dikenakan biaya Rp225 ribu per titik.

Selanjutnya jika ada penambahan stop kontak baru calon pelanggan dikenakan biaya Rp225 ribu per titik, pemasangan Box MCB baru Rp75 ribu per titik dan pemasangan ARDE Rp100 ribu per titik.

"Harga ini berlaku untuk pemasangan listrik baru di Rayon Painan sehingga tidak ada isu-isu negatif terhadap pelayanan yang kami berikan," katanya. (*)