MCAI Bantu Kembangkan Kapasitas PLTMH Solok Selatan

id PLTMH

MCAI Bantu Kembangkan Kapasitas PLTMH Solok Selatan

Tim Cross Cutting MCAI Arif Khristanto memberikan penjelasan peningkatan kapasitas PLTMH saat sosialisasi dan konsultasi publik PT SKE, Selasa (24/10) (Antara Sumbar/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Millennium Challenge Account Indonesia ( MCAI) membantu PT Selo Kencana Energy (PT SKE) yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) mengembangkan kapasitas pembangkit.

"Agar dapat dibantu dalam pendanaan pengembangan energi terbarukan, MCAI mensyaratkan perusahaan menjalin kemitraan dengan masyarakat, sehingga memberikan manfaat lebih bagi warga sekitar," kata tim Cross Cutting MCAI Arif Khristanto saat sosialisasi di Padang Aro, Selasa.

Dia mengatakan, MCAI akan mendorong adanya nota kesepahaman (MoU) antara masyarakat dengan perusahaan.

Masyarakat katanya, harus memiliki sebuah wadah khusus yang dapat menyusun sebuah program dan dapat mengawalnya dengan baik.

"Setelah ada MoU maka ke depan yang membina masyarakat adalah perusahaan atau pihak lain yang disepakati kedua belah pihak," katanya.

Koordinator lapangan PT SKE Guswinarno mengatakan, SKE belum siap 100 persen seperti masih ada kanal yang terbuka sehingga saat tanah longsor tertutupi, jalan yang belum dikerjakan, black star dan masih banyak lagi lainnya.

"Kemudian MCAI datang dan menawarkan bantuan untuk melengkapi kekurangan tersebut," katanya.

Dia mengatakan, PT SKE maksimal bisa menghasilkan listrik delapan megawatt tetapi saat ini baru bisa 5,6 megawatt.

Selain itu katanya, operasional PT SKE masih bergantung pada PLN untuk operasionalnya sehingga perlu dibangun black star.

Sesuai permintaan PLN katanya, bahwa PT SKE harus dapat beroperasi sendiri tanpa ada power awal dari PLN.

Hal ini penting apabila terjadi gangguan dari jaringan luar yang cukup lama seperti tiang listrik tumbang yang berimbas tidak bisa beroperasi karena tegangan dari PLN terputus, sedangkan PT SKE perlu tegangan dari PLN.

Untuk itu PT SKE perlu modifikasi sistemnya agar dapat beroperasi tanpa suplai PLN.

"Modifikasi yang dilakukan adalah pemasangan perangkat Black Start" dan modifikasi sistem," ujarnya. (*)