812 Orang Penerima, Wabup Dharmasraya Salurkan Beasiswa Baznas

id #Beasiswa Baznas

812 Orang Penerima, Wabup Dharmasraya Salurkan Beasiswa Baznas

Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal Dt Rajo Medan (c)

Pulau Punjung (antara sumbar) Sebanyak 812 siswa kurang mampu di Kabupaten Dharmasraya, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA terima beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

Beasiswa ini diserahkan oleh Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan, didampingi Kepala Baznas Kabupaten Dharmasraya, A Gani, di Gedung Auditorium, Senin.

Kepala Baznas Kabupaten Dharmasraya, A.Gani menjelaskan total beasiswa yang diberikan kepada 548 siswa SD, 142 siswa SMP dan 122 siswa SMA itu mencapai Rp 487.200.000,-.

Dari jumlah itu, setiap siswa menerima beasiswa senilai Rp600 ribu per orang, baik untuk siswa SD, SMP ataupun SMA.

Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada Baznas Kabupaten Dharmasraya yang telah mengagendakan kegiatan pendistribusian zakat bagi 812 siswa di Dharmasraya pada 2017.

"Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi para siswa dalam memenuhi kebutuhan untuk menempuh pendidikan. Besar pula harapan kita, agar yang menerima zakat saat ini di masa yang akan datang akan menjadi muzakki atau pemberi zakat pula kepada yang berhak menerimanya, khususnya pada zakat Maal," ujar Wabup.

Dana zakat dapat menjadi salah satu alternatif, kata Wabup, guna penyelesaian berbagai masalah, khususnya dalam rangka pengentasan kemiskinan, apabila potensi zakat yang berasal dari umat Islam se-Dharmasraya dapat dihimpun dan dikelola secara baik.

Seperti diketahui, mayoritas umat beragama di Kabupaten Dharmasraya adalah umat Islam. Dengan demikian, potensi zakat sebenarnya juga sangat besar.

Namun penghimpunan dana zakat hingga kini masih belum optimal, padahal jika hal itu dapat terlaksana, maka dana yang bersumber dari zakat akan sangat banyak manfaatnya, khususnya dalam membantu pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan umat dan peningkatan ekonomi masyarakat pada umumnya, kata Wabup.

Wabup mengajak semua pihak dan masyarakat di daerah untuk mengeluarkan zakar, dan petugas ke depan semoga penghimpunan dana zakat dapat lebih optimal.***