Peringatan Hari Santri Momentum Revitalisasi Etos Moral

id #Hari Santri

Peringatan Hari Santri Momentum Revitalisasi Etos Moral

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan Pimpin Upacara peringatan hari Santri di daerah itu. (doc hms) (c)

Pulau Punjung (antara sumbar) Peringatan Hari Santri Nasional ke 3 di Kabupaten Dharmasraya momentum sebagai revitalisasi etos moral kesederhanaan asketisme, dan spritualisme yang melekat sebagai kaum karakter kaum santri.

Hal ini disampaikan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang bertindak langsung sebagai pembina dalam upacara yang diikuti oleh ratusan santri yang berasal dari 13 Pondok Pesantren se Kabupaten Dharmasraya itu, dalam upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Senin.

Dalam amanatnya, bupati menyampaikan bahwa peringatan hari santri merupakan salah satu bentuk pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Negara Indonesia.

Maka dari itu, hal ini hendaknya perlu dipelajari oleh para santri tentang bagaimana peran mereka atas berdiri dan tegaknya NKRI.

"Santri harus siap mengemban amanah, berani mengatakan iya terhadap kebenaran walaupun semua orang mengatakan "tidak" pada kebathilan. Itulah karakter dasar santri," ujar bupati.

Selain itu, hari ini santri juga hidup di tengah dunia digital yang tak bisa dihindari, maka dari itu perlu menguasai teknologi informasi sebagai media dakwah dan sarana menyebarkan kebaikan dan kemaslahatan serta mereduksi penggunaannya yang tidak sejalan dengan upaya untuk menjaga agama, jiwa, nalar, harta, keluarga dan martabat seseorang, kata dia.

Bupati juga berharap, pemikiran para santri dapat memberikan dampak positi dalam mendorong kemajuan bangsa, khususnya Kabupaten Dharmasraya.

Pada kesempatan itu, juga tampak hadir Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan, Ketua DPRD Dharmasraya, Masrul Maas, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Pimpinan Ponpes se Dharmasraya, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.***