11 Atlet Sumbar Masuk Pelatnas

id Syaiful

11 Atlet Sumbar Masuk Pelatnas

Ketum KONI Sumbar, Syaiful. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, menyatakan sebanyak 11 atlet dari cabang olahraga atletik akan mengikuti pelatnas dan pelatnas prima di bawah Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

"Satu orang yakni Yaspi Boby dipastikan ikut pelatnas prima persiapan Asian Games 2018, yang lain untuk jangka panjang," kata Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful, di Padang, Senin.

Dua nama terakhir yang masuk pelatnas yakni peraih emas lari 5.000 meter Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Fajar Hidayat serta peraih medali perak PON 2015 Lusiana Satriani nomor lari gawang 4 x 100 meter putri.

Sedangkan atlet yang telah masuk dan sedang menjalani pelatihan yakni Aprilia Kartina, M. Hafis, Pauma Defril Jumra, Bakti Ladia, Rafika Putra, Wahyudi Putra, Hendrik Marlionda dan M. Topan Ferdinand.

Semuanya tersebar di kelas senior dan junior dan akan mengikuti berbagai kejuaraan nasional atau internasional bersama atlet yang berasal antara lain dari DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Bali, Maluku, NTB, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jambi, dan Sumatera Utara.

Di samping itu, atlet Sumbar yang lolos pelatnas ini berasal tersebar dari berbagai kota dan kabupaten di Sumbar.

Ini juga membuktikan keberhasilan PB PASI Sumbar dalam membina atlet di berbagai daerah.

Dia berharap capaian ini bisa dicontoh oleh pengurus cabang olahraga lain, sehingga nama Sumbar ikut tersebut di kancah nasional bahkan dunia.

Sementara itu Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Rasydi Sumetry mengatakan untuk mencetak atlet berprestasi perlu dilakukan keseriusan dan sistem berkelanjutan sejak dini.

Seperti atletik dan olahraga individu lainnya, Sumbar memiliki potensi di cabang tersebut namun butuh perhatian dari semua lapisan masyarakat untuk memajukannya. (*)