Prioritas Disnak Dharmasraya, Beri Bantuan Bibit dan Ternak

id #bantuan bibit #Peternakan Dharmasraya

Kadis Pertanian Kabupaten Dharmasraya saat memberikan arahan di Asam Jujuhan. (c)

Pulau Punjung (antara sumbar) Prioritas program Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, masih memberi bantuan bibit kelapa sawit, karet dan sapi kepada masyarakat di daerah itu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Darisman dalam kegiatan Pencanangan Program Pertanian Kecamatan Asam Jujuhan di Balai Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Sungai Limau pada 19 Oktober 2017.

Menurut Darisman, sesuai karakteristik wilayah, sektor perkebunan dan peternakan memang masih menjadi primadona masyarakat dalam meningkatkan perekonomian daerah, makanya dijadikan program prioritas pemberian bantuan bibit.

"Jadi Bapak Ibu, untuk bertani saat ini cukup hanya dua modal saja. Pertama punya lahan, yang kedua punya kemauan. Sedangkan untuk bibit biar kami yang menyediakan," ujar Darisman dihadapan para Ketua Gapoktan, KTNA, dan KWT se Kecamatan Asam Jujuhan.

Semua bibit tersebut dapat diperoleh secara gratis, dengan catatan mengajukan proposal kepada Dinas Pertanian.

"Sesuai semangat reformasi birokrasi, bapak/ibu para petani tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Punjung (Ibukota kabupaten). Cukup temui para penyuluh di Nagari masing-masing, tanyakan kebutuhan, biar mereka yang urus ke kabupaten," kata Darisman.

Sedangkan untuk bantuan bibit sapi, tambah Darisman juga akan memasukkan program itu dalam program Dinas Pertanian 2018. Jadi, bagi masyarkat yang ingin mendapatkannya pihaknya menghimbau agar membentuk Kelompok Tani yang berbadan hukum.

"Badan hukum ini perlu untuk menghindari permasalahan di kemudian hari," tegasnya.***

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar