Kopertis Dorong Kampus Ciptakan Wirausahawan dari Kalangan Mahasiswa

id Herri

Kopertis Dorong Kampus Ciptakan Wirausahawan dari Kalangan Mahasiswa

Koordinator Kopertis X Prof Herri (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mendorong kampus yang ada di bawah pengawasannya dapat menciptakan wirusahawan dari kalangan mahasiswa.

"Menciptakan wirausahawan juga penting disamping mengejar penguatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri, di Padang, Senin.

Menurutnya hal yang perlu diperkuat yakni meningkatkan intensitas kuliah umum kewirausahaan dengan mengundang pengusaha hebat lokal, nasional bahkan internasional.

Dengan kuliah umum mahasiswa akan tertarik dan termotivasi untuk membuka lapangan usaha di masa depan, tambah dia.

Di samping itu dengan adanya dialog interaktif dengan pengusaha akan menambah pengetahuan sekaligus kemampuan dalam berwirausaha.

"Beberapa kampus di Jawa dan Sumatera telah sukses melahirkan wirausahawan hebat dari mahasiswa, ini dapat jadi motivasi," ujarnya.

Dia menambahkan motivasi lain bagi kampus untuk menjadikan mahasiswa berwirausaha yakni banyaknya pengangguran dari kalangan sarjana.

Orientasi ini perlu dikejar kampus guna mengantisipasi kemungkinan sulitnya mendapat pekerjaan usai lulus dari perguruan tinggi.

Justru katanya dengan berwirausaha akan membuka peluang masuknya lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran.

"Kopertis sendiri telah menginisiasi adanya penghargaan wirusahawan terbaik di kalangan mahasiswa," kata dia.

Dia berharap selain menyampaikan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa, dosen juga dapat memotivasi untuk terjun ke dunia usaha. (*)