UIN Imam Bonjol Komitmen Bangun Pramuka Lewat Penyediaan Bumi Perkemahan

id pramuka UIN

UIN Imam Bonjol Komitmen Bangun Pramuka Lewat Penyediaan Bumi Perkemahan

Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirman (kanan) memberikan hadiah kepada peserta dalam rangkaian PERSI IV di Padang, Sabtu (21/10) ( ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat/17.)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang Sumatera Barat berniat untuk membangun Bumi Perkemahan (Buper) milik sendiri guna menunjang aktifitas kepramukaan.

"Untuk mengapresiasi kegiatan kepramukaan maka kami berniat untuk menyediakan tempat di daerah Kampus Sungai Bangek untuk dibangun buper," katanya saat dihubungi di Padang, Minggu.

Ia menyebutkan buper merupakan bagian penting dari rencananya untuk mengembangkan Gugus Depan (Gudep) Racana Imam Bonjol-Rohana Kudus (IB-RK) UIN IB.

Menurutnya perencanaan ini merupakan komitmennya untuk menjadikan pramuka sebagai bagian terpenting untuk pendidikan karakter generasi bangsa.

"Untuk itu semua maka kita akan bangun buper serta sarana pendukung lainnya," kata dia.

Ia menambahkan saat ini untuk mengadakan kegiatan Racana IB-RK terpaksa harus menggunakan lokasi di luar kampus karena keterbatasan sarana.

Pada kegiatan Pekan Kreasi Raih Prestasi (PERSI) IV yang baru saja selesai dilaksanakan pihak pelaksana terpaksa harus melaksanakannya di Lembaga Pendidikan Kepramukaan Daerah (Lendikada) Padang Basi Lubuk Kilangan Padang.

"Pramuka dan segala aktivitasnya itu positif. Kegiatan ini sangat penting untuk membina karakter generasi bangsa," ujarnya.

Sementara itu Koordinator Pembina Racana IB/RK Abd Rahman, menyatakan pihaknya siap untuk mengembangkan Gudep Lengkap UIN Imam Bonjol Padang.

"Secara administratif sedang kita siapkan. Kita akan dukung rencana rektor menjadikan UIN Imam Bonjol sebagai pusat Persemaian Pembina Pramuka secara Nasional, untuk itu tentu dibutuhkan berbagai sarana dan prasarana pendukung," katanya.(*)