Ratusan Masyarakat Panyalaian Ikuti Sosialisasi KIE Kreatif

id suir syam

Ratusan Masyarakat Panyalaian Ikuti Sosialisasi KIE Kreatif

Anggota DPR RI Suit Syam ketika menjadi pembicara pada acara Sosialisasi KIE Kreatif si Nagari Panyalai , X koto Tanah Datar, Jumat. (Antara Sumbar/ Benny)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Ratusan Masyarakat di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar, ikuti Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif Keluarga Berencana (KB), Jumat.

Camat X Koto Hendra Setiawan di X Koto berharap, dengan adanya sosialisasi itu dapat kembali menguatkan gaung KB di tengah-tengah masyarakat, dan seyogiyanya masyarakat juga paham akan pentingnya KB.

Semoga dengan sosialisasi ini, Program KB bisa kembali diterima di tengah-tengah masyarakat dengan harapan di setiap nagari yang ada, dibekali oleh satu orang penyuluh yang akan membimbing dan mengarahkan masyarakat akan pentingnya KB, ujarnya.

Kabid Advokasi, Penggerakkan dan Informasi BKKBN Sumbar Imran mengatakan pengendalian penduduk harus kembali dilaksanakan agar semangat dan pemahaman masyarakat akan KB yang mulai memudar ini kembali prima seperti yang diharapkan.

Tak bisa kita pungkiri, akhir-akhir ini gaung KB memang kurang terdengar, meskipun begitu, setiap target yang diberikan pusat selalu bisa kita capai. Kita sangat berharap dengan adanya sosisalisasi seperti ini masyarakat dapat mengerti akan pentingnya pengendalian penduduk, sebut Imran.

Anggota DPR RI komisi 9 Suir Syam menjadi pembicara dalam sosialisasi itu sangat mengapresiasi peran serta masyarakat yang berada di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto.

Ini menjadi bukti, meskipun gaung KB mulai memudar, namun hal itu tak terlihat di Panyalaian, masyarakat di sini sangat aktif dalam mengikuti sosialisasi program KB yang di laksanakan oleh BKKBN Pusat hingga BKKBN daerah, tentunya ini patut menjadi contoh untuk daerah lain, sebut mantan Walikota Padang Panjang dua periode itu.

Ditambahkan Suir Syam, saat ini di Komisi 9 DPR RI, telah diusulkan kegiatan sosialisasi KIE ini untuk masyarakat, agar program KB tetap bertahan di tengah-tengah masyarakat.

Tak hanya itu, dalam kesempatan itu, Suir Syam juga menyempatkan membahas tentang pentingnya pendidikan.

Selain pengendalian penduduk, pendidikan juga menjadi hal terpenting yang harus kita perhatikan, apa artinya penduduk terkendali tanpa terdidik. Jadi dengan pendidikan yang tinggi kita baru bisa bersaing, jangan sampai kalah saing, karena itu mutu pendidikan sangat penting, sebutnya. (*)