Sebagai Partai Pendukung, PDIP Nilai Jokowi-JK Bekerja Positif

id PDIP

Sebagai Partai Pendukung, PDIP Nilai Jokowi-JK Bekerja Positif

PDI Perjuangan. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - PDI Perjuangan sebagai parpol pendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla memberikan apresiasi atas keberhasilan faktual yang dicapai pemerintahan Jokowi-JK yang bernilai positif bagi rakyat.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Jumat, mengatakan rakyat semakin merasakan terobosan kebijakan infrastruktur yang mampu merombak struktur perekonomian Indonesia menjadi lebih kompetitif.

"Dampaknya tidak hanya koneksitas antar pulau yang makin kuat dan efisien; biaya logistik juga semakin murah dan distribusi kebutuhan primer semakin lancar, membuahkan inflasi yang terkendali. Keberhasilan pengendalian harga kebutuhan pokok pada saat lebaran tahun ini menjadi salah satu bukti," tuturnya.

PDI Perjuangan juga mengapresiasi model kepemimpinan Jokowi yang merakyat, kepemimpinan yang bergerak ke bawah dan menjadikan dialog langsung dengan rakyat sebagai metode 'genuine' yang menampilkan watak kepemimpinan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

"Model kepemimpinan Pak Jokowi ini menjadi 'strong point' beliau, dan menggambarkan aliansi sempurna dengan rakyat. Model ini sekaligus menjadi benteng yang paling tangguh menghadapi gempuran tokoh-tokoh lain hanya karena ambisi politiknya untuk pemilu 2019," ujar Hasto.

PDI Perjuangan mencatat keberhasilan pemerintahan dengan kepemimpinan yang dikenal jujur dan tampil apa adanya. Tingkat pengangguran mencatat paling rendah selama 18 tahun terakhir, yakni 5,3 persen; ketimpangan untuk menopang kehidupan yang lebih berkeadilan dapat ditekan hingga mencapai 0,393 persen; angka harapan hidup terus meningkat, ditandai dengan jumlah penerima Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Indonesia Sejahtera yang secara masif dibagikan untuk rakyat miskin.

Kepemimpinan Pak Jokowi juga membuktikan implementasi efektif pembangunan dari pinggiran. Seluruh wilayah perbatasan kini merasakan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dan benar-benar hadir sebagai halaman depan NKRI. Demikian halnya alokasi dana desa untuk program padat karya dan sektor-sektor produktif kerakyatan, telah meletakkan dasar-dasar bagi kebangkitan perekonomian desa.

"Hal yang lebih menggembirakan dari tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK adalah penurunan tingkat kemiskinan terjadi secara merata di seluruh Indonesia," jelasnya.

PDI Perjuangan terus memperkuat efektivitas dukungan kepada Jokowi. Seluruh kepala daerah, struktural anggota dan kader partai, dan seluruh anggota legislatif di semua tingkatan, bergerak seirama guna memperkuat pemerintahan Jokowi-JK.

"Dukungan tersebut efektif mengingat Pak Jokowi dipercaya mampu membumikan Pancasila dan terus berjuang mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkebudayaan. Kepemimpinan yang bergerak ke bawah harus diteladani sebagai kultur kepemimpinan yang harus dijalankan setiap kader partai," katanya. (*)