Peringati Hari Pangan, Ribuan Petani Agam Turun ke Jalan

id Petani

Ilustrasi - (ANTARA TV SUMBAR)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Ribuan petani di Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat turun ke jalan dengan mengikuti pawai alegoris dalam rangka memeriahkan Hari Pangan sedunia ke-37 di kecamatan itu, Kamis.

Camat Tanjungraya, Hednria Asmi di Lubukbasung, mengatakan peserta ini berasal dari kelompok tani, sekolah dan grup kesenian tambua tansa di Kecamatan Tanjungraya.

"Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara kelompok tani dengan penyuluh," katanya.

Rute yang ditempuh peserta sekitar dua kilometer dan mereka sambil membawa hasil pertanian dan perkebunan mereka.

Bagi ibu-ibu, memakai baju khas dari Minangkabau sambil membawa hasil pertanian, perkebunan dan peralatan pertanian lainnya.

"Kegiatan ini merupakan yang pertama dilakukan dan akan dijadikan agenda tahunan dari pemerintah Kecamatan Tanjungraya setiap hari pangan sedunia," katanya.

Pawai alegoris ini bentuk partisipasi pemerintah kecamatan dalam mendukung program Agam menyemai dari Bupati Agam, karena selama ini program tersebut terbukti mampu menjadi penunjang ekonomi masyarakat.

Selain itu, juga untuk menarik kunjung dari wisatawan nusantara dan mancanegara ke Tanjungraya khususnya dan ke Agam pada umumnya.

"Tanjungraya memiliki objek wisata Danau Maninjau, Museum By Hamka dan lainnya," katanya.

Anggota DPRD Agam, Irfan Imran mendukung pawai alegoris tersebut karena bisa menarik kunjungan wisatawan dan meningkatkan silaturahmi antara petani di kecamaatan itu.

Namun pihaknya berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan dari pemerintah kecamatan dengan jumlah cukup ramai. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar