Wako Solok: Koperasi Pilar Ekonomi yang Mampu Bertahan Saat Krisis

id koperasi solok

Wako Solok: Koperasi Pilar Ekonomi yang Mampu Bertahan Saat Krisis

Wali Kota Solok, Zul Elfian menyerahkan hadiah pada pemenang lomba keluarga harmonis, Rabu (18/10) (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Zul Elfian mengatakan koperasi merupakan salah satu pilar pembangunan yang terbukti mampu bertahan saat krisis ekonomi.

"Koperasi satu-satunya bentuk usaha yang mendukung perekonomian bangsa, dengan memegang prinsip memeratakan kesejahteraan," katanya pada peringatan hari Koperasi ke-70, hari Krida Pertanian ke-45, dan hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-24 yang digelar serentak di Gedung Kubung XIII Solok, Rabu.

Ia menyampaikan untuk mewujudkan kesejahteraan yang merata di masyarakat, koperasi yang merupakan sebuah badan hukum yang didirikan atas azas kekeluargaan, haruslah dikelola oleh orang yang benar-benar memahami prinsip-prinsip dasar koperasi.

Pengurus juga harus mampu menjalin komunikasi dengan pihak lain agar dapat menjalin kerja sama untuk memajukan koperasi.

Secara garis besar koperasi dapat diartikan sebagai soko guru perekonomian (tiang penyangga perekonomian), serta merupakan sebuah pilar atau penyangga utama yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia secara nasional.

Puncak peringatan hari koperasi nasional di Kota Solok mengangkat tema "Koperasi Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan untuk Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan Hari Krida Pertanian mengangkat tema "Kita tingkatkan produksi dan produktifitas hasil pertanian yang berwawasan agribisnis untuk mewujudkan masyarakat sejahtera."

Sedangkan memperingati Harganas mengangkat tema "Kita bangun karakter bangsa melalui keluarga yang berketahanan."

Dalam rangka memperingati tiga hari besar itu Pemkot Solok mengisi dengan acara pemberian penghargaan kepada pemenang lomba dalam rangka memperingati Harganas ke XXIV tahun 2017 yang telah dilaksanakan sebelumnya di Kota Solok.

Perlombaan yang dilaksanakan seperti, lomba keluarga harmonis, lomba KB lestari 10 tahun, lomba KB Lestari 15 tahun, lomba KB lestari 20 tahun, lomba penyuluhan lapangan keluarga berencana (PLKB/PKB), lomba institusi masyarakat perdesaan (IMP), dan lomba kader keluarga balita (BKB).

Pemerintah Kota Solok memberikan hadiah atau penghargaan kepada pemenang berupa piagam dan uang tunai untuk pembinaan yang diserahkan langsung oleh wali kota Solok. (*)