Kamis, Pasaman Barat Dinilai Tim Verifikasi Kabupaten Sehat

id Syahiran

Bupati Pasaman Barat, Syahiran meresmikan Kampung KB dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah itu. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) bersiap diri sambut tim verifikasi penilaian Kabupaten Sehat 2017 yang akan dilaksanakan pada Kamis (19/10) dan Jumat (20/10).

"Benar, kita sudah berbenah dengan menyiapkan segala sesuatu yang akan dinilai. Mulai dari kantor atay posko kabupaten sampai lokasi atau lokus yang akan dinilai di tingkat kecamatan atau nagari," kata Tim Kabupaten Sehat Pasaman Barat, Gusrizal di Simpang Empat, Senin.

Tim penilai kabupaten sehat yang akan turun menilai adalah dari Kementrian Kesehatan dan Bappenas RI.

Menurutnya sejumlah persiapan telah dilakukan. Diantaranya menyiapkan sekretariat kabupaten, sketariat penyuluh di UPT Kecamatan Luhak Nan Duo, KWT Aisyah, kelompoknmasyarakat yg berperan dlm menanamm sayuran dan gerobak sayur.

Selain itu juga menyiapkan lokasi pembuatan pupuk organik dan peternakan, persiapan Gabungan Kelompok Tani, Albasiko, tinjauan peternak berprestasi dan lokasi peternakan di tanjung kramat dan persiapan lainnya.

"Kita ingin semua lokus dapat siap karena tim akan meninjau kelapangan," ujarnya.

Ia menyebutkan banyak indikator yang harus disiapkan dalam penilaian kabupaten sehat. Selain itu juga ada tiga kategori yakni kategori Padapa atau pemantapan, kategori wiwerda atau taraf pembinaan dan kategori wistara atau pengembangan.

"Untuk dua kategori pertama, Pasaman Barat sudah pernah meraihnya. Untuk 2017 ini tentunya kita menargetkan meraih penghargaan kategori wistara," harapnya.

Untuk mewujudkan target itu, ia mengharapkan semua pihak agar mendukung mulai dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, wali nagari, puskesmas, PKK dan lainnya.

"Tentunya kegiatan ini harus didukung bersama-sama dan tidak hanya dalam rangka penilaian saja tetapi dalam rangka mewujudkan Pasaman Barat bersih dan sehat," ujarnya.

Sementara itu Ketua Forum Kabupaten Pasaman Barat Sehat, Yul Rizal Bahrain didampingi Wakil Ketua, Zambri mengatakan pihaknya bersama tim akan berupaya keras untuk meraih penghargaan kabupaten sehat.

"Kita menargetkan meraih penghargaan kategori wistara. Namun tentunya dibutuhkan dukungan semua pihak," katanya.

Pihaknya sebelumnya juga telah menetapkan enam kecamatan yang akan dijadikan lokasi penilaian yakni Kecamatan Talamau, Kecamatan Kinali, Kecamatan Sungai Aur, Kecamatan Pasaman, Kecamatan Luhak Nan Duo dan Kecamatan Gunung Tuleh.

Ia mengatakan sesuai arahan yang ada dalam penilaian maka akan mengacu pada tatanan kawasan permukiman sarana prasarana, tatanan kawasan lalu-lintas tertib dan pelayanan transportasi.

Selain itu juga tatanan kawasan pertambangan sehat, kawasab hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan tatanan kehidupan sosial yang sehat.

"Dari sekian tatanan itu maka akan dipilih sesuai tatanan mininal lima tatanan yang ada. Kita saat ini sedang menyusunnya dan tatanan mana yang sesuai," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam penilaian kabupaten sehat ini tujuan akhirnya tentu hendaknya tercapai kondisi kabupaten untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni sebagai tempat bekerja bagi warganya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar