Pemkab Solok Selatan Motivasi Pemuda Menjadi Wirausahawan

id Wirausaha

Pemkab Solok Selatan Motivasi Pemuda Menjadi Wirausahawan

Bupati Solok Selatan (tiga kiri) foto bersama dengan motivator Royke Sahetapi (tiga dari kanan) dari Esco Enterpreneur succes comunity yang tampil dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan yang digelar di aula Sarantau Sasurambi Padang Aro, Senin (16/10). (Antara Sumbar/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memotivasi para pemuda di daerah itu untuk berwirausaha dan membuka lapangan kerja secara mandiri.

"Kami ingin mengubah pola pikir masyarakat supaya menjadi wirausahawan, apalagi sebentar lagi Solok Selatan akan menjadi tujuan wisata sehingga membuka lebar peluang bisnis," kata Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria ketika menghadiri kegiatan pelatihan kewirausahaan yang digelar di aula Sarantau Sasurambi Solok Selatan di Padang Aro, Senin.

Untuk memotivasi generasi muda serta tenaga honorer, pemerintah setempat mengundang Royke Sahetapi dari Esco Enterpreneur Succes Comunity sebagai motivator.

Ia mengatakan, para generasi muda jangan hanya terpaku untuk jadi tenaga harian lepas, atau honorer yang gajinya sangat kecil.

Akan tetapi kata dia, generasi muda harus bisa mandiri dan membuka usaha sendiri.

"Pemuda harus punya semangat berbisnis dan mengelola sendiri usahanya," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan Basrial mengatakan, kegiatan ini diikuti sekitar 300 peserta yang terdiri dari utusan setiap nagari serta pegawai honorer.

"Kami mengundang 100 orang peserta dari nagari dan honorer kategori dua, tetapi seluruh tenaga harian lepas juga berpartisipasi sehingga totalnya sekitar 300 peserta," kata dia.

Dia mengatakan peserta motivasi ini merupakan 10 orang utusan setiap kecamatan beserta honorer kategori dua.

"Dengan motivasi yang diberikan diharapkan pemuda memiliki semangat hidup berbisnis sehingga membuka lapangan pekerjaan baru," ujarnya.

Menurut dia, dengan berwirausaha generasi muda menciptakan sendiri peluangnya.(*)