Menteri BUMN: Kecamatan Bikin Program Pengelolaan Sampah

id RINI SOEMARNO

Menteri BUMN: Kecamatan Bikin Program Pengelolaan Sampah

Menteri BUMN RI, Rini Soemarno (ketiga kanan) membuka kegiatan aksi bersih Pantai Padang, Sumatera Barat yang diikuti ratusan warga. (ANTARA SUMBAR/Novia Harlina)

Padang, (Antara Sumbar) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Rini Soemarno meminta masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengelola sampah di kecamatan.

"Masing-masing kecamatan seharusnya membuat program untuk mengelola sampahnya, sehingga tidak ada lagi sampah yang bermuara ke laut sehingga ketika hujan juga tidak ada penumpukan sampah di pantai," katanya ketika melakukan aksi bersih di Pantai Padang, Minggu.

Pemerintah Kota Padang bisa membuat program yang meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Kesadaran masyarakat merupakan faktor utama untuk mengantisipasi banyaknya sampah di sungai dan laut.

Menurutnya kebersihan laut Kota Padang harus dijaga agar keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya tidak rusak karena banyaknya sampah.

Tidak hanya keanekaragaman hayati, Pemerintah Kota Padang sebagai pintu gerbang pariwisata Sumbar juga mesti menjaga kepercayaan wisatawan yang datang.

"Sebelum wisatawan datang ke sini, mereka tentu melakukan survei dulu apakah ini layak dikunjungi atau tidak, oleh sebab itu jangan sampai mereka kecewa ketika sampai di sini," ujarnya.

Tidak hanya pantai Padang, kata Rini namun juga seluruh pantai yang ada di Sumbar mesti dijaga kebersihannya.

"Wisata bahari cukup diminati wisatawan dan kita harus menjaga aset ini dengan baik," kata dia.

Dalam kegiatan aksi bersih yang juga diikuti ratusan masyarakat ini terkumpul sampah seberat 43 ton.

Ia berharap kegiatan tersebut hendaknya menjadi motivasi bagi pemerintah daerah maupun masyarakat agar selalu menjaga kebersihan pantai dimulai dari diri sendiri agar tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan kegiatan aksi bersih oleh Menteri Rini merupakan sentilan bagi pihaknya dan juga masyarakat Kota Padang.

"Seorang menteri harus turun langsung memungut sampah di sini cukup menjadi sentilan dan sekaligus menjadi motivasi bagi pemerintah daerah agar tidak ada lagi sampah di Pantai Padang," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, beberapa BUMN juga memberikan bantuan kepada pemerintah Kota Padang untuk menambah fasilitas kebersihan dan sarana di Pantai Padang. (*)