Investor 15 Negara Jajaki Investasi di Sumbar

id Himawan Hariyoga

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Deputi Bidang Penanaman Modal BKPM Pusat, Himawan Hariyoga saat jumpa pers di Padang, Jumat (13/10) terkait Regional Invesment Forum (RIF) di daerah itu pada 15-18 Oktober 2017. Investor 15 negara dipastikan ikut dalam kegiatan tersebut. (ANTARA SUMBAR/Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat harus bisa memanfaatkan investor 15 negara yang hadir dalam "Regional Invesment Forum" di Padang 15-17 Oktober 2017 agar berinvestasi di daerah ini.

"Investor itu akan menjajaki peluang dan potensi wisata di Indonesia, termasuk Gunung Padang dan Kawasan Wisata Mandeh di Sumbar," kata Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat, Himawan Hariyoga di Padang, Jumat.

Investor itu di antaranya dari Australia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, UEA, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Spanyol, Luxembourg, Tiongkok dan Taiwan, Rusia, Mauritius, Yaman, Belgia dan India.

Kedatangan investor dalam RIF tersebut diyakini akan berdampak positif pada provinsi yang berpartisipasi khususnya Sumbar selaku tuan rumah. "Kami berharap provinsi yang hadir dalam RIF dapat memanfaatkan momentum ini. Terutama dalam sesi "one on one meeting" untuk memberikan penjelasan dan informasi kepada investor," kata dia.

Menurut Himawan, investor dari 15 negara tersebut tidak saja bergerak di bidang pariwisata dan infrastruktur penunjangnya, tetapi juga dari bidang lain seperti real estat, hotel dan properti, energi, infrastruktur, penerbangan, perkebunan dan industri pengolahan makanan.

Kemudian, operator pelabuhan, perbankan swasta, investasi dan jasa keuangan serta bidang lainnya seperti konsultan, industri pengolahan hasil tambang dan industri kimia.

Himawan menambahkan saat ini BKPM terus melakukan koordinasi intensif dengan Wali kota Padang dan Bupati Pesisir Selatan terkait dua destinasi wisata unggulan yang ditawarkan dalam RIF.

"Kita juga mencatat ada 20 pertemuan "one on one meeting" khusus yang meminta bertemu dengan pemerintah Sumbar," kata dia.

Kegiatan RIF yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, Bank Indonesia serta Pemprov Sumbar.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap forum RIF ini dapat mendatangkan investor yang memiliki minat serius untuk membangun kawasan pariwisata Sumbar.

"Saya pasang badan untuk investasi ini agar bisa memberikan dampak positif bagi daerah," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar